Implikasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Eliana Karya Tere Liye terhadap Pendidikan dalam Keluarga

Cantika Alif Ridwan, Dedih Surana, Muhamad Imam Pamungkas

Abstract


Abstract. This research aims to determine and describe: (1)  The values of moral education of characters in the Eliana novel. (2) The values of the moral education in the Eliana novel. (3) The implications for the values of the moral education in the novel Eliana by Tere Liye on education in the family. Researcher using descriptive method. While the data collection technique used is the method of the documentary. Research activities are done by identifying the values of moral education in Eliana’s novel then describing the moral values and the implications for education in the family. The results concluded that: 1) The values of the moral education of characters in Eliana novel included: Eliana (brave,  environmentalist, spirit, claver), Nurmas (firm, discipline, responsible), Syahdan (honesting, prefers to give example, optimistic), Mr. Bin (highly dedicated, optimistic, creative and innovative), Grandma Kiba (firm and thoughtful); 2) Moral education values in Eliana novel include: morality to Allah SWT, morals towards parents, self-chastity, morals to the neighbors, morals to others, morals to the environment . 3) The implication of educational values in the Eliana novel by Tere Liye on education in the family

Keywords : Moral Educations, Eliana’s Novels, Tere Liye, Education in The Family

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap tokoh dalam novel Eliana. (2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Eliana. (3) Implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Eliana karya Tere Liye terhadap pendidikan dalam keluarga. Peneliti menggunakan metode deskripsi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalan novel Eliana lalu mendeskripsikan nilai-nilai akhlak tersebut dan implikasinya terhadap pendidikan dalam keluarga. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap tokoh dalam novel Eliana di antaranya: Eliana (pemberani, penyayang lingkungan, semangat, pintar), Nurmas (tegas, disiplin, tanggung jawab), Syahdan (jujur, lebih suka memberikan contoh, optimis), Pak Bin (berdedikasi tinggi, optimis, kreatif dan inovatif), Nek Kiba (tegas dan bijaksana). (2) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Eliana di antaranya: akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap tetangga, akhlak terhadap sesama manusia dan akhlak terhadap lingkungan. (3) Implikasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Eliana karya Tere Liye terhadap pendidikan dalam keluarga.

Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Novel Eliana, Tere Liye Dan Pendidikan Dalam Keluarga


Keywords


Pendidikan Akhlak, Novel Eliana, Tere Liye Dan Pendidikan Dalam Keluarga

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Y. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta: Amzah.

Aziz, F., dan Hasim, A. 2012. Analisis Fiksi. Jakarta: Multikreasi Satudelapan.

Effendi, dkk. 2013. Memperbaiki Gonjang-Ganjing Akhlak Bangsa. Bandung: Pustaka Al-Fikriis.

Hermawan, A., dkk. 2017. Akhlak Anak terhadap Orang tua Berdasarkan Al-Quran (Analisis Pendidikan terhadap QS. An-Nissa: 36, QS. Al-Isra: 23-24, QS. Al-Ankabut: 8 dan Qs. Al-Ahqaaf: 15. Prosiding Pendidikan Agama Islam. Volume 3 Nomor 2.

Kurniati, I. 2017. Analisis Nilai Pendidikan dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMP/SLTP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Mataram

Kurniawan, M. I. 2015. Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia. Volume 4 Nomor 1.

Liye, Tere. 2011. Eliana. Jakarta: Republika.

Muzakkir. 2017. Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Ta'dib. Volume 10 Nomor 1.

Nurgiyantoro, B. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pamungkas, M. I. 2014. Akhlak Muslim: Membangun Karakter Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Volume 8 Nomor 1.

_______________. 2017. Keluarga, Masyarakat dan Kebudayaan. Prosiding Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisba. Volume 1 Nomor 1.

Saebani, B. A. 2009. Filsafat Ilmu: Kontemplasi Filosofis Seluk-Beluk, Sumber dan Tujuan Ilmu Pengetahuan. Bandung: Pustaka Setia.

Salim, M. H. 2013. Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yohana, Neni. 2017. Konsepsi Pendidikan dalam Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Hasan Langgulung. OASIS (Jurnal Ilmiah Kajian Islam). Volume 2 Nomor 1.

Zakiyah, Q. Y., dan Rusdiana. 2014. Pendidikan Nilai: kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24057