Representasi Nilai Pendidikan Islam Film Animasi Nussa dan Rara

Dewi Latifah, Nadri Taja, Ayi Sobarna

Abstract


Abstract. Islamic Education plays a very important role for the community, including matters of habit or daily activities that are arranged in a detail and thoroughly. Technological developments are expected to bring a positive influence for children by presenting entertainment or educational impressions. Like animated shows of Islamic Nussa and Rara that contain messages through the learning process to form akhlalaqul karimah. Through the animated film Nussa and Rara which is strong in Islamic teachings according to shariat, not only presents entertainment but also includes education, especially Islamic education. Learning media in the form of films can generate motivation and stimulation in learning activities. The aim of the study was to identify the values of Islamic education contained in the animated film Nussa and Rara. The research method used is a descriptive analysis of the information, documented in the recording, whether in the image, sound or writing that gives meaning to the data that is successfully collected and the meaning of it is drawn conclusions. The results of this research show that, there are values of Islamic education among them is the value of i'tiqadiyah, the value of amaliyah, and the value of khuluqiyah. The value of i'tiqadiyah include tauhid rububiyah, and uluhiyah. The value of amaliyah covers the worship of mahdhah as a form of habluminallah, namely salat, fasting, and closes the aurat. Social worship as a form of habluminannas, including the trust, responsible, sadaqah and various manners performed in the daily activities. The value of khuluqiyah includes gratitude, forgiving and gracious.

Keywords : Value, Islamic Education, Nussa and Rara Films.

 

Abstrak. Pendidikan Islam memegang peranan yang sangat penting bagi masyarakat, mencakup hal-hal yang meliputi kebiasaaan atau kegiatan sehari-hari yang diatur secara detail dan menyeluruh. Perkembangan teknologi, diharapkan dapat memberikan pengaruh yang positif bagi anak-anak, salah satunya yaitu dengan menghadirkan hiburan atau tayangan yang mendidik. Seperti tayangan animasi bertema Islami Nussa dan Rara yang mengandung pesan melalui proses pembelajaran guna membentuk akhlalaqul karimah. Melalui film animasi Nussa dan Rara yang kental pada ajaran Islam sesuai syariat, tidak hanya menyajikan hiburan melainkan juga mencakup pendidikan, terutama pendidikan Islam. Media pembelajaran berupa film mampu membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif yang diterapkan terhadap berbagai informasi, dokumentasi dalam bentuk rekaman, baik berupa gambar, suara maupun tulisan yang dapat memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan sehingga makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat nilai-nilai pendidikan Islam diantaranya adalah nilai i’tiqadiyah, nilai amaliyah, dan nilai khuluqiyah. Nilai i’tiqadiyah meliputi tauhid rububiyah, dan uluhiyah. Nilai amaliyah meliputi ibadah mahdhah sebagai bentuk habluminallah, diantaranya salat, puasa, dan menutup aurat. Ibadah di lingkungan sosial kemasyarakatan sebagai bentuk habluminannas, meliputi amanah, bertanggung jawab, shadaqah dan berbagai adab yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Nilai khuluqiyah meliputi syukur, pemaaf dan ramah tamah.

Kata Kunci : Nilai, Pendidikan Islam, Film Nussa dan Rara


Keywords


Nilai, Pendidikan Islam, Film Nussa dan Rara

Full Text:

PDF

References


Bahasa, P. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Danim, S. (1994). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Darminta, J. (2006). Praksis Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Kanisius.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembeajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Indra, H. (2016). Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi. Yogyakarta: Deepublish.

Jirzanah. (2008). Aktualisasi Pemahaman Nilai Menurut Max Scheler Bagi Masa Depan Bangsa. Jurnal Filsafat, 18.

Junaedi, M. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Kencana.

Kosim, A., & Faturrohman. (2018). Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurnanto, M. E. (2011). Pendidikan dalam Pemikiran AL Ghazali. Jurnal Khatulistiwa .

Manoppo, R. (2019, Agustus). Dibalik Layar Pembuatan film Nussa. Jakarta. Retrieved from https://youtu.be/dsJ2MFkvJ9A

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan . Jakarta: Prenada Media.

Parmono. (1995). Nilai dan Norma Masyarakat. Jurnal Filsafat, 21.

Prasetyo, A. B. (2019). Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publising.

Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putra, A. A. (2016). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali . Jurnal Al-Thariqah, 1, 47-51.

Rasyid, A. M. (2002, Agustus). Akhlak Sebagai Landasan Nilai Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Ta'dib Jurnal Pendidikan, 2.

Shihab, N. (2016). Refleksi 2016 Pesta Pendidikan : Semua Murid, Semua Guru. Jakarta: Lentera Hati Group.

Syaibany, O. M. (1981). Falsafah Pendidikan Islam. (H. Langgulung, Trans.) Jakarta: Bulan Bintang.

Watson, R. (2003). Film & Television in Education. Britain: The Falmer Press.

Zoebazary, I. (2010). Kamus Istilah Televisi & Film. Jakarta: PT. Gramedia Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23928