Nilai-Nilai Pendidikan Adab dalam Proses Pembelajaran Perspektif Surat Al-Mujadilah Ayat 11

Iim Salimatussadiyah, Enoh Nuroni, Nadri Taja

Abstract


Abstract. The research is motivated by the phenomenon that occur in todays education. So many occur in the process of teaching and learning activities in a class between the teachers and students who are not in accordance with the values of Islamic education. This reason encourages the need to analyze the QS. Al-Mujadilah verse 11. The aim of this study is to: (1). Obtaining the results of the thoughts of Mufassir on QS. Al Mujadilah verse 11, (2). Finding the essence contained in QS Al Mujadilah verse 11, (3) identifies the opinions of professionals about the process of teaching and learning activities for teachers, students, knowledge and manners in the mosque (4). find the educational values of QS Al-Mujadilah verse 11 in the process of teaching and learning activities.This study uses a qualitative approach and the method used in this study is the tahlily and tarbawu interpretation method, and also through a library study techniques (library reseach), it usually called as research whic main object is from the Qur'an, books and olso published writings, and other sources related to this issue.This conclusions are obtained, such as: that in the QS. Al-Mujadilah verse 11, there is etiquette in a board. The essence of QS. Al-Mujadilah verse 11 is (1). Order to the Muslims to respect and obey the commands of the Prophet in a board, (2). The command to the Muslims to give flexibility in the board of knowledge for new people who is coming, (3). Allah gives privileges to those who believe and possess knowledge by increasing a few degrees. Educational Values of QS. Al-Mujadilah verse 11 in the process of teaching and learning activities, such as: (1). students must have an obedient and obedient attitude to the teacher, (2). The teacher must set an example and be democratic towards students in their studies, (3). Students must have a caring attitude and respect for friends in gaining knowledge. (4). Every Muslim must strengthen his faith and deepen his knowledgey.

 

Keywords: teaching and learning activities, Educational Values of Q.S Al-Mujadilah verse 11

 

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini banyak terjadi  dalam  proses kegiatan belajar mengajar adab guru dan siswa yang kurang sesuai dengan nilai-nilai penidikan islam. Pernyataan  latar belakang di atas ini mengaitkan kepada perlunya menganalisis QS. Al-Mujadilah ayat 11. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mendapatkan hasil pendapat para mufassir mengenai Surat Al Mujadilah ayat 11, (2). Mencari esensi yang terkandung dalam Surat Al Mujadilah ayat 11, (3)  Menganalisis pendapat para ahli tentang proses kegiatan belajar mengajar dan adab terhadap guru, siswa, ilmu dan adab di dalam masjid (4).  menemukan nilai-nilai pendidikan dari QS Al- Mujadilah ayat 11 dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tafsir tahlily dan corak tafsir tarbawi, dan melalui tehnik studi kepustakaan (library reseach), yakni penelitian yang objek nya dari Al-Qur’an, buku-buku juga literasi-literasi, dan sumber lain yang berkaitan dengan permasalahan. Penelitian ini, didapatkan beberapa kesimpulan yaitu: bahwa di dalam QS. Al- Mujadilah ayat 11 terdapat adab di dalam suatu majelis. Esensi QS. Al- Mujadilah ayat 11 adalah (1). Perintah kepada kaum Muslimin untuk menghormati dan mentaati perintah Rasulullah saw di dalam majelis, (2). Perintah kepada kaum muslimin untuk memberi keleluasaan di dalam majelis ilmu bagi orang-orang baru datang, (3). Allah memberi keistimewaan kepada orang-orang yang beriman dan memiliki ilmu dengan bertambahnya tinggi beberapa derajat. Nilai-nilai Pendidikan dari QS. Al- Mujadilah ayat 11 terhadap proses kegiatan belajar mengajar yaitu: (1). Siswa wajib memiliki sikap patuh dan taat kepada guru, (2). Guru harus memberikan tauladan dan bersikap demokratis terhadap siswa dalam menuntut ilmu, (3). Siswa harus memiliki sikap peduli dan menghargai teman di dalam memperoleh ilmu. (4). Setiap Muslim wajib memperkuat keimanan dan memperdalam keilmuannya.

 

Kata Kunci: Adab kegiatan belajar mengajar, Nilai-Nilai Pendidikan Q.S Al-Mujadilah Ayat 11

Keywords


Adab kegiatan belajar mengajar, Nilai-Nilai Pendidikan Q.S Al-Mujadilah Ayat 11

Full Text:

PDF

References


Agustian, Widi. (2018). Hilangnya Sopan Santun Siswa https://news.okezone.com/amp/2018/12/05/65/1987099/hilangnya-sopan-santun-siswa.(akses tanggal 12 oktober 2019).

As-Sa'di, S. A. (2016). Tafsir Al-Quran. Jakarta: Darul Haq.

As-Suyuti, I. J.-M. (2012). Tafsir Jalalain. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Az-Zarnuji. (2016). Terjemahan Ta'lim Muta'alim. Surabaya: Mutiara Ilmu.

az-Zuhaili, W. (2014). Tafsir Al-Munir Jilid 14. Jakarta: Gema Insani.

Darmawan, D. S. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jamin, A. (2014). Filsafat Pendidikan Islam :Aktualisasi Nilai-Nilai Islam dalam Mewujudkan SDM yang Berkarakter. Bandung: Al Fabeta.

Makmun, U. S. (2011). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujib, A., & Mudzakkir, J. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Quthb, S. (2004). Tafsir Fi Zhilalil Qur'an Di Bawah Naungan Al-Qur'an Jilid 11. Jakarta: Gema Insani.

Ramdhani, J. (2020). Kejam! Guru di Lembata NTT hukum murid dengan minum air kotor. https://m.detik.com/news/berita/d-4886884/kejam-guru-di-lembata-ntt-hukum-murid-dengan-minum-air-kotor?_ga=2.94090910.2037482740.1592409091-1462519376.1514694118. (akses 18 Juni 2020)

RI, K. A. (2010). Al-Qur'an Dan Tafsirnya Jilid X. Jakarta: Lentera Abadi.

Safrida, & Andayani, D. (2017). Aqidah dan Etika Dalam Biologi. Darussalam-Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Su'dadah. (2014). Pendidikan Budi Pekerti (Integrasi Nilai Moral Agama Dengan Pendidikan Budi Pekerti). Jurnal Kependidkan, Vol II, No 1, 137.

Taja, N., & Aziz, H. (2016). Mengintegrasikan Nilai-Nilai Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas . Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol XIII, No 1, 41.

Umari, B. (1978). Materi Akhlaaq. Jakarta: CV Ramadhani.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23924