Persepsi Santri tentang Pembelajaran Al-Qur’an Hubungannya dengan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka

Rizqi Shahri Rhamdlani, Erhamwilda Erhamwilda, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. The educational process is carried out with learning, learning itself has the meaning of an interaction between educators and students by using learning resources in a learning environment. One of the needs for learning is learning about reading the Qur'an. As Muslims the need to be able to read the Qur'an is a very necessity because the Qur'an is a guide to the life of Muslims in the World to the Hereafter.The purpose of this study was to determine the relationship between the perception of students about the learning process of the Koran with the motivation to learn to read the Koran at the Al-Falah Islamic School in Cicalengka. This research was conducted in VIII class students. This study uses a quantitative approach with survey methods to collect the necessary data and descriptive analysis to analyze data and product moment correlations to measure the relationship between the two variables.Based on the results of the study concluded that: 1) Perception of students of class VIII about the learning process of the Qur'an at the Al-Falah Cicalengka Islamic boarding school showed very good. 2) Motivation to learn to read the Qur'an at Al-Falah Cicalengka Islamic boarding school shows very good 3) There is a significant relationship between students' perceptions about the learning process of the Qur'an with the motivation to learn to read the Qur'an with a correlation coefficient of 0.460 with moderate correlated categories.

Keywords: Perception, Al-Qur'an Learning, Learning Motivation.

Abstrak. Proses pendidikan dilakukan dengan pembelajaran, pembelajaran sendiri memiliki arti sebuah interakasi antara pendidik dengan peserta didik dengan menggunakan sumber pembelajaran dalam suatu lingkungan belajar. Salah satu kebutuhan akan pembelajaran adalah pembelajaran tentang membaca Al-Qur’an. Sebagai umat islam kebutuhan untuk bisa membaca Al-Qur’an adalah kebutuhan yang sangat karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup umat islam di Dunia hingga ke Akhirat kelak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Persepsi santri tentang proses pembelajaran Al-Qur’an dengan motivasi belajar membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka. Penelitian ini dilakukan pada santri kelas VIII. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan metode survey untuk mengumpulkan data yang diperlukan serta analisis deskriptif untuk mengalisis data dan korelasi product moment untuk mengukur hubungan antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Persepsi santri kelas VIII tentang proses pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka menunjukan sangat baik. 2) Motivasi belajar membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Falah Cicalengka menunjukan sangat baik 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi santri tentang proses pembelajaran Al-Qur’an dengan motivasi belajar membaca Al-Qur’an dengan koefiesien korelasi 0.460 dengan kategori berkorelasi sedang.

Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Al-Qur’an, Motivasi Belajar.


Keywords


Persepsi, Pembelajaran Al-Qur’an, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran . Bandung : CV Wacana Prima.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Erhamwilda. (2016). Psikologi Belajar Islami . Bandung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNISBA.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran . Yogyakarta: Dua Satria Offet.

Rahmat, J. (1990). Psikologi Komunikasi . Bandung : Remaja Karya.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelejaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Toha, M. (2014). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: PT. RajaGrafindo.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum . Surabaya: Bina Ilmu .




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23687