Implementasi Pendidikan Berdasarkan Q.S An-Nahl Ayat 125 terhadap Metode Pembelajaran

Dery Nursyaid, Dedih Surana, Adliyah Ali MD

Abstract


Abstract. The subject of this research is (1) The commentators' opinions about Q.S. An-Nahl verse 125, (2) The Essence of Islamic Religious Education contained in Q.S. An-Nahl verse 125, (3) Learning Methods contained in Q.S. An-Nahl verse 125, (4) Implementation of the learning method using the Al-Hikmah method, the Al-Mau'izhah Hasanah method and the Al-Mujâdalah Bil-Lati Hiya Ahsan method. The method used in this research is descriptive method using a qualitative approach and also using the interpretation method interpretation tahliliy. This research is a research library research, by taking the method used in writing this thesis is a descriptive analysis method, namely analyzing the problem to be discussed by collecting library data, and the opinions of the commentators. Then describe the opinions of the commentators, then make a conclusion. Based on data processing, the results obtained are: (1) Allah SWT command to His Messenger to call people to the straight path, (2) In calling on people, the Apostle was instructed to use the Al-Hikmah method, the Al-Mau'izhah Hasanah method, and the Al-Mujâdalah Bil-Lati Hiya Ahsan method, (3) As educators must be able to adjust and implement methods according to the level of intelligence of students and applied to anyone with the conditions of the people who will be educated.

Keywords: Implementation, Al-Hikmah Learning Method, Al-Mau'izhah Hasanah, Al-Mujâdalah Bil-Lati Hiya Ahsan, Tafsir Q.S An-Nahl Verse 125

Abstrak. Pokok bahasan dalam penelitian ini yaitu (1) Pendapat para mufassir tentang Q.S. An-Nahl ayat 125, (2) Esensi Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam Q.S. An-Nahl ayat 125, (3) Metode Pembelajaran yang terkandung dalam Q.S. An-Nahl ayat 125, (4) Implementasi Motode pembelajaran dengan menggunakan metode Bil-Hikmah, metode Al-Mau’izhah Hasanah dan metode mujaadalah billatii hiya ahsan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan juga memakai pendekatan metode tafsir tahliliy. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan), dengan mengambil metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara mengumpulkan data-data kepustakaan, dan pendapat para mufassir. Kemudian mendeskripsikan pendapat para mufassir, selanjutnya membuat kesimpulan. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Perintah Allah kepada Rasul-Nya untuk menyeru manusia ke jalan yang lurus, (2) Dalam menyeru manusia, Rasul diperintahkan untuk menggunakan metode Al-Hikmah, metode Al-Mau’izhah Hasanah, dan metode Al-Mujâdalah Bil-Lati Hiya Ahsan, (3) Sebagai pendidik harus mampuh meyesuaikan dan mengimplementasikan metode sesuai dengan tingkat kecerdasan peserta didik dan di terapkan kepada siapapun dengan kondisi orang-orang yang akan dididik. 

Kata Kunci: Implementasi, Metode Pembelajaran Al-Hikmah, Al-Mau’izhah Hasanah, Al-Mujâdalah Bil-Lati Hiya Ahsan, Tafsir Q.S An-Nahl Ayat 125


 


Keywords


Implementasi, Metode Pembelajaran Al-Hikmah, Al-Mau’izhah Hasanah, Al-Mujâdalah Bil-Lati Hiya Ahsan, Tafsir Q.S An-Nahl Ayat 125

Full Text:

PDF

References


Hefni, M. S. (2006). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2009). Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media Group.

Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Gaya Media Pratama.

Revrisond, B. d. (2003). Publik Pemerintahan Indonesia. Yohyakarta: BPFE.

Riannie, N. (2015). Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan dalan Konsep Teori Pendidikan Islam dan Barat). Jurnal Management of Education, Volume 1, Issue 2, ISSN 977-2442404.

Saputra, W. (2012). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syaifuddin. (2006). Design Pembelajaran dan Implementasinya. Ciputat: PT. Quantum Teaching.

Tafsir, A. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet VII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23180