UPAYA PERENCANAAN GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE IQRA DI KELAS VII MTs AL-MUSYAWARAH

vina septiana, Sobar Al Ghazal, Eko Surbiantoro

Abstract


Kelemahan siswa dalam kelancaran membaca Al-Qur’an akan berpengaruh terhadap rendah tingginya pemahaman akan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian lebih dan membutuhkan sebuah langkah dari seorang pendidik, karenanya siswa yang seharusnya memahami materi pembelajaran melalui bacaan Al-Qur’an, malah mendapat kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan dalam membaca al-qur’an dengan menggunakan metode dan teknik yang tepat agar siswa dapat memperhatikan dan menangkap cara membaca al-qur’an dengan baik. Proses pelaksanaan Pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an pada siswa Kelas VII. Metode yang digunakan pada minggu ke 5 ini adalah metode Picture and picture dengan menggunakan Audio Visual yang bertujuan untuk membantu siswa agar mudah mengingat huruf-huruf Al-Qur’an terutama huruf Hijaiyah. Kegiatan yang dilakukan pada minggu ke 5 itu adalah pertemuan pertama yang direalisasikan dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang telah peneliti buat untuk kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan dalam empat tahapan yaitu : Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan,Pengamatan Hasil Pembelajaran dan Refleksi pembelajaran. Hasil dari pengamatan pembelajaran dan refleksi akan dijadikan evaluasi  untuk menjadikan perbaikan pada pertemuan selanjutnya. Upaya yang dilakukan agar bisa mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an adalah menggunakan media picture and picture dibantu dengan media audio visual agar siswa dapat memahami pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan cepat setidaknya dengan menggunakan media picture and picture akan ada gambaran pada ingatan siswa tentang memahami bacaan Al-Qur’an serta dilakukannya latihan setiap harinya.


Keywords


Baca Al-Quran, MTs Al-Musyawarah.

References


Abdurrahman, Mulyono (2003) Pendidikan Baga Anak berkesulitan belajar, Jakarta : Rineka Cipta

Al-Ghazali, Imam, Adab membaca Al-Qur’an Terj.. Hufaf Ibriy, Surabaya : Tiga dua 1996

Depag RI (1989) Al-Qur’an dan Terjemaahnya, Jakarta.

Depdikbud (1991), Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka

Fand Ats-Tsuaini, Muhammad, 10 Metode Agar Anak Mencintai Al-Qur’an

Trj., Dwi Ratnasari, YogyaKarta : Al-Ajda Press, 2009.

Hayati, Anis “ Upaya Mts Muhammadiyah 4 yogyakarta dalam meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Bandung 29

Khasanah, Mufidatul “ Usaha Guru Agama Islam dalam mengatasi belajar Siswa Jakarta : PT Gramedia , 1991