IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN HARIAN SISWA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI HOMESCHOOLING GROUP SD KHOIRU UMMAH 41 CIMAHI

nur hanifah, Beni Suhendar

Abstract


Implementasi merupakan suatu proses yang sangat penting ketika berbicara penerapan program baik itu yang bersifat sosial atau dalam dunia pendidikan. Implementasi program merupakan lakang-langkah pelaksanaan kegiatan dalam upaya mencapai tujuan dari program itu sendiri, Jones (dalam Arif Rohman 2009: 101-102) menyebutkan implemetasi program merupakan salah satu komponen dalam suatu kebijakan. Implementasi program merupakan upaya yang berwenang untuk mencapai tujuan. didapat hasil bahwa dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui buku kegiatan harian siswa dilakukan secara rutin dengan tujuan menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan siswa. Selain pembentukan karakter disiplin yang dilakukan di sekolah, pembentukan disiplin juga dilakukan di rumah dengan pengawasan orang tua. Dalam program ini juga terdapat hambatan yang diantaranya, masih kurang tegasnya orang tua dalam menerapkan peraturan dalam pembentukan karakter disiplin ketika siswa berada di lingkungan rumah, kurang terlibatnya kepala sekolah secara langsung dalam memberikan motivasi kepada siswa dan masih kurang lengkapnya sarana dan prasarana pendukung seperti masih belum adanya loker atau rak untuk menyimpan sepatu ketika siswa di sekolah.


Keywords


Disiplin, Homeschooling.

References


Abdullah, Syukur, 1988. Laporan temu kajian posisi dan peran ilmu administarasi Negara dan manajemen. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia dan Asia Foundation.

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir. 2001. Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Abdul, Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdullah. 2006. Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustino. 2006. Dasar –Dasar Kebijakan Publik. Bandung : CV. Alfabeta

Al-Quran, Terjemahan Persia Muhammad Mahdi Fuladmand, Tehran, Dar al-Qur’an al-Karim, 1418 H/1376 S.

Alwisol. 2006. Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Ariesandi. 2008. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Bukhari, Imam, Shahih Bukhari, Bairut Libanon 1986: Darul Kutub Al-Alamiyah juz 5,

Cepi Triatna dan Johar Permana.2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Curvin, dan Mindler. 1999. Discipline With Dignity. USA: Association For Supervision And Curriculum Development

Doni, Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di. Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Djamarah. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 2006. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka cipta

Fathurrahman, Pupuh.2007. Setrategi Belajar Mengajar Melalui Konsep Umum dan Konsep Islam Jakarta: PT. Refika Aditama.

Gunarsa. 1995. Psikologi untuk Membimbing. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Gunawan, 2010. Genius Learning Strategy, Petunjuk praktis untuk menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haedar Akib dan Antonius Tarigan. 2000. Artikulasi Konsep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model Dan Kriteria Pengukurannya, Jurnal Kebijakan Publik

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo.

HR. Abu Daud No. 495, Bab Pendidikan Karakter. Shahih Muslim.  

HR. Abu Daud, no. 495, Dalam Shahih Pendidikan anak hendaknya berimbang antara anjuran dan peringatan Dishahihkan oleh Al-Albany

Juwaniah Hani. 2013. Penerapan Nilai-NIlai Relijius Pada Siswa Kelas V dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Journal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Sunan Kalijaga.  

Johansson, E. 2011. Practices For Teaching Moral Values in the Early Years: A Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar Call for a Pedagogy Of Participation. Education, Citizenship And Social Justice.

Jones. 1996. Pengantar Kebijakan Publik. Ed. 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kartono. 1990. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Kementrian Pendidikan Nasional.2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Maryono. 2010. Pendidikan bagi anak kesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta

M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter, Membangun Peradaban  Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka

Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2006.Kurikulum berbasis Kompetensi(Konsep, Karakteristik dan Implementasi). Bandung : Remaja Rosya Karya.

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Musrofi. 2010.Melesatkan Prestasi Akademik Siswa, Cara Praktis Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Tanpa Kekerasan dan Tanpa Harus Menambah Jam Belajar, Yogjakarta: PT Pustaka Intan Madani, Anggota IKAPI.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Dalam Mata Pelajaran, Yogyakarta: Familia. 

Nawawi, Hadari. 1990. Administrasi Pendidikan. Jakarta : Gunung Agung.

Permana 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung :CV. Maulana

Rohman Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.

Salhan, Hadi. 2005. Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk. Administrasi dan Manajemen. Bandung : Dewa Ruchi

Seto Mulyadi. 2007. Homeschooling Keluarga Kak Seto: Mudah, Murah, eriah, dan Direstui Pemerintah. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka

Siti Erna Latifi Suryana 2009 Implementasi Kebijakan tentang Pengujian Kendaraan Bermotor di Kabupaten Aceh Tamiangâ€. Tesis: Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryadi, A. 2012. Outlook 2025 Pembangunan Pendidikan Indonesia: Menuju Kualitas Yang Berdaya Saing Secara Global (The Indonesian Education Outlook 2025: Toward A Sustainable World Class Quality Level). Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugirin. 2010. Affective Domain Development, Reality And Expectation. Bandung : Cakrawala Pendidikan.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumardiono. 2007. Homeschooling a Leap For better Learning “Lompatan CaraBelajarâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sulhan. 2011. Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa. Surabaya : Jaring Pena.

Syukur. 1988. Perkembangan Studi Implementasi. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara RI

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Jakarta : Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahab, Syaikh Abdul. 2004. Berselimut Cahaya Tuhan. Bandung : Pustaka Hidayah.

Westra. 1989. Perilaku Organisasi. Jakarta : Pustaka Binaman Persindo. 

Wibowo, Agus.2012.Pendidikan Karakter Usia Dini (Stategi membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wibowo. 2007. Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Zaenul, Fitri Agus. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung : Yrama Widya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2240