Studi Deskriptif Tentang Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Metode Tilawati Pada Siswa Kelas VII Di Mts Assakinah Bandung Barat Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an yaitu mengajarkan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sehingga mampu membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah tajwid. Prinsip pembelajaran Al-Qur’an pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode karena seiringnya perkembangan zaman banyak sekali metode pembelajaran Al-Qur’an. Bagi yang belum bisa dan belum lancar membaca Al-Qur’an dapat menggunakan metode yang lebih praktis dan mudah. Ada beberapa metode yang telah digunakan seperti metode Iqra', Qira'ati, A-Ba-Ta-Tsa, Al-Barqy, Tilawati dan ada beberapa cara yang digunakan dalam suatu metode seperti model membaca cepat atau membaca dengan menyelipkan lagu-lagu tilawah. Salah satu metode yang berkembang saat ini adalah metode tilawati. Prinsip pengajaran metode tilawati yang diajarkan secara praktis menggunakan lagu rost, diajarkan secara klasikal menggunakan peraga, diajarkan secara individual dengan tehnik baca simak menggunakan buku. Perencanaan proses pembelajaran Al-Qur'an dengan metode tilawati sepenuhnya diserahkan kepada guru yang mengajar tilawati dari mulai persiapan materi dengan mempelajari materi masing-masing jilid tilawati dan memperbaiki bacaan tilawati seperti pelafalan huruf, makhorijul huruf, nada (lagu rost) tilawati, dan tajwid melalui membaca buku tilawati dan mendengarkan VCD bacaan tilawati dan mengulang kembali materi pembinaan rutinan guru. Selain mempersiapkan materi, setiap guru sebelum memulai pembelajaran harus mempersiapkan media dan sarana belajar seperti peraga tilawati, sandaran peraga, alat penunjuk peraga, buku tilawati, buku absensi siswa, lembar program pembelajaran harian, buku penilaian, dan Al-Qur'an.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Denffer, Ahmad von. (1988). Ilmu Al-Quran, Jakarta: CV Rajawali
Nur, Subhan. (2012). Energi Ilahi Tilawah, Jakarta: Republika Penerbit
Hasan, Abdurrohim, dkk. (2010). Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati, Surabaya: Pesantren Al-Qur’an Nurul Falah
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran, Depok: RajaGrafindo Persada
Nata, Abuddin. (1998). Al-Qur'an dan Hadits,Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Al-Qattan, Manna' Khalil. (2011). Studi Ilmu-Ilmu Qur'an, Bogor: Pustaka Litera AntarNusa
Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
___________. (2013). Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
___________. (2014). Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Interes Media
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Refika Aditama
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2213