Pengelolaan Program Bina Desa Sebagai Upaya Peningkatkan Kecerdasan Sosial (Penelitian Pada Siswa Kelas XI Di SMA Darul Hikam Dago-Bandung)â€

risca delima, Nan Rahminawati, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Dewasa ini pendidikan di Indonesia telah mendapatkan perhatian yang sangat besar terutama pendidikan menengah ke atas. Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu peserta  didik, Sebagaimana digariskan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (Pasal l) tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa :Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.Kegiatan pendidikan selalu berlangsung di dalam suatu lingkungan. Dalam konteks pendidikan, lingkungan dapat diartikan sebagai segala sesuatu di luar diri anak. Lingkungan yang dengan sengaja diciptakan untuk mempengaruhi anak ada tiga, yaitu: lingkungan keluarga (informal), lingkungan sekolah (formal), dan lingkungan masyarakat (non formal). Ketiga lingkungan ini disebut lembaga pendidikan atau satuan pendidikan (Kepmendikbud,0186/P/1984). Penilaian kegiatan Program Bina Desa yang dilakukan guru ialah lebih dominan pada ranah afektif, karna kondisi siswa lebih dekat dengan masyarakat desa serta bisa mengahargai apa yang mereka terima dengan kondisi desa yang secukupnya, serta untuk penilaian pihak sekolah tidak memberikan format secara langsung akan tetapi hanya memberikan gambarannya saja mulai dari aspek ibadah, tanggung jawab, kompetisi dan lain-lain. Hal tersebut merupakan kekahasan yang dirahasiakan oleh sekolah.Adapun data yang diperoleh dari persepsi siswa mengenai Program Bina Desa, sebagian besar siswa setuju jika Program Bina membuat mereka menyadari pentingnya bersedakah, pola hidup sehat, serta berbagi ilmu kepada setiap orang. Oleh karna itu sangat bermanfaat bagi mereka Program Bina Desa Dilaksanakan.


Keywords


Bina Desa, Darul Hikam.

References


Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. 2014. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. Evaluasi Program Pendidiakan. 2014. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah. 2013. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

________ Evalusai Pendidikan. 2012. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Harjanto. Perencanaan Pengajaran. 2008. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. 2010. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Hasbullah. Dasar dasar Ilmu Pendidikan. 2003. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Haryanto. Pengertian Interaksi sosial. (http://belajarpsikologi.com, diakses 27 februari 2015)

Ihsan, Fuad. Dasar Dasar Kependidikan. 2013. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. 1998. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. 2007. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Mariyana, Rita. Pengelolaan Lingkungan Belajar. 2010.

Marini, Arita. Manajemen Sekolah Dasar. 2014. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah. 2014. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasution, Henry. Perencanaan_Program_Dan_Penyusunan_Usulan_Kegiatan. (http://www.bunghatta.ac.id, diakses 27 juli 2015)

Pidarta, Made. Manajemen Pendidikan Indonesia. 2011. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. 1997. PT. Grafindo. Jakarta.

Suparlan, manajemen Berbasis Sekolah (MBS). 2013. PT. Bumi Aksara. Bandung.

Saefudin, Udin. Perencanaan Pendidikan. 2006. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. 2006. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Thoha, Chabib. Teknik Evaluasi Pendidikan. 2001. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. 2010. PT. Remaja Rosada Karya. Bandung.

Yaumi, Muhammad, Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences). 2013. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2156