Analisis Pengelolaan Pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung

susanti martiana devi, Dedih Surana, Ayi Sobarna

Abstract


Untuk mengatur/mengendalikan/memanajemeni aktivitas pengajaran berdasarkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip pengajaran untuk menyukseskan tujuan pengajaraan sehingga tercapai lebih efektif, efisien, dan produktif yang diawali dengan penentuan strategi, dan perencanaan, diakhiri dengan penilaian perlu adanya system pengelolaan pembelajaran yang baik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: a) Perencanaan pembelajaran b) Pelaksanaan pembelajaran; c) Penilaian pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung. Penelitian dilaksanakan di SMA PGII 1 Bandung pada tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif karna dapat diperoleh ketajaman dalam menafsirkan data untuk menganalisis data yang akan diteliti dengan sumber data didapat dari tiga sumber: peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data; observasi berpartisipasi, wawancara mendalam, angket dan analisa dokumen. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung yaitu dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP. Penyususnan rencana belajar yang lebih mengutamakan keaktifan siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, mengalokasikan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan kelas reguler, pemanfaatan multimedia teknologi informasi dan komunikasi serta sarana yang memadai untuk memaksimalkan layanan pembelajaran yang lebih unggul dari kelas reguler. Mengutamakan tujuan dari diselenggarakannya program kelas khusus yaitu tercapainya output pendidikan berupa siswa yang unggul melalui proses layanan unggul; 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung menggunakan metode pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang lebih bervariasi dalam rangka menyampaikan materi dengan target mencetak lulusan yang bertaraf unggulan serta keaktifan siswa, dari mulai mengamati, bertanya, berkomentar, berargumen menjadi ciri dari hasil pembelajaran yang efektif; 3)Penilaian pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung yang dilakukan guru sepanjang proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan guru melakukannya sesuai dengan yang tercatum di RPP yang dilampirkan. Penilaian yang dilakukan pada kelas khusus dalam pembelajaran PAI, lebih dominan pada aspek kognitif, yaitu melalui pemahaman siswa mengenai materi melalui pretest maupun post test, jawaban argumen siswa ketika berargumen, dan presentasi siswa ketika mengomunikasikan hasil penugasan melalui tayangan berbasis Power Point yang lebih mudah dan praktis dibuat oleh siswa.Saran penelitian; a) Perencanaan Pembelajaran PAI Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung perlu ditingkatkan agar penyelenggaraan Kelas Khusus dapat mencapai tingkat efektif dan efisien; b) Pelaksanaan proses pembelajaran PAI Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung dapat ditingkatkan menjadi sekolah bertaraf internasional khususnya program Kelas Khusus; c) Penilaian pembelajaran PAI pada Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung perlu ditingkatkan lagi agar sesuai dengan tujuan dari Kelas Khusus itu sendiri, yaitu tercapainya output pendidikan berupa siswa yang unggul melalui proses layanan unggul. Prestasi siswa di kelas khusus harus memiliki penilaian yang lebih diunggulkan lagi dari prestasi siswa kelas reguler yang dibuktikan dengan standar kelulusan kelas khusus harus lebih dominan dari standar kelulusan kelas reguler.


Keywords


Pengelolaan, Pembelajaran dan Kelas khusus

References


Ahmad Rohani, 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Akdon. 2005. Aplikasi Statistik dan Metode Penelitian Untuk Administrasi & Manajemen. Bandung: Dewa Ruci

Depdikbud. 1996. Pedoman Penyelenggaraan Kelas Unggulan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar.

Depdiknas. 2005. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

------------,. 2006. Pedoman Penyelenggaraan Kelas Unggulan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.

Faisal, Sanafiah. 1982. Dasar dan teknik Menyusun Angket. Jakarta: Usaha Nasional

Fattah, Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Hosnan, Dr. M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. 2014. Ghalia Indonesia

Ibrahim Bafadal, hal 8-29, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi menuju Desentralisasi

Lexy J. Moleong, 1993 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. 2007. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

------------------- . Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2012. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sujana. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, Algesindo

Nasution. 1992. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Sa’dud Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Siregar, Eveline. Teori Belajar dan Pembelajaran. 2010. Ghalia Indonesia. Bogor.

SMA PGII 1 Bandung. Profil Sekolah dan Visi Misi SMA PGII 1 Bandung, tersedia:http:// http://www.smapgii1.sch.id/guru_staf.php

Sujatmiko dan Lili Nurlaili. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Menunjang Kecakapan Hidup Siswa. Jakarta: Depdikbud.

Surakhmad, Winarno. 1979. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: JemmarsSururi, dan Suharto, N. (2007). Belajar SPSS for Window untuk Mengelola Data Penelitian. Bandung: Dewa Ruchi

Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya

Ulum, Bahrul 2009 www.wikipedia.com Landasan Teori, Kerangka Pikir, dan Hipotesis Penelitian [online], tersedia: http://bahrul_ulum weblog’s,htm. [29 januari 2009)

Undang-Undang no. 14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

-------------------, no. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

------------------, RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta