ANALISIS PENDIDIKAN TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM ISLAMIC SCHOOL CULTURE DALAM MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAKWAAN SISWA SMKN 1 SUBANG

Furri Oktafiani, Nan Rahminawati, Aep Saepudin

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, pergaulan yang semakin luas, tidak menutup kemungkinan budaya-budaya di luar akan masuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk menjaga agar berada dalam kehidupan yang baik, maka khususnya kaum remaja harus dibina dengan cara-cara yang Islami melalui pembiasaan budaya Islami yang diterapkan di sekolah.  SMKN 1 Subang berusaha menjadi Sekolah Menengah Kejuruan yang dapat menjadikan siswa-siswinya memiliki IPTEK, serta memiliki filter yang kuat pada pribadi-pribadi seluruh siswa SMKN 1 Subang. Oleh karena itu ISC sebagai salah satu program kerja dari bidang kesiswaan diharapkan dapat menjadi spirit dan dapat memperkokoh keislaman pibadi-pribadi siswa SMKN 1 Subang, sehingga dapat menjadi filter mana kebudayaan yang dapat diterapkan dan mana yang harus dihindari. Adapun yang hendak dicapai oleh program ISC adalah menjadikan warga SMKN 1 Subang, khususnya siswa-siswinya memiliki prinsip dasar yang bernuansa Islami dalam kehidupan sehari-hari sampai akhir hayat. Cara mengatasi hambatan yang terjadi dalam program ISC dilakukan oleh penanggungjawab ISC bekerjasama dengan semua guru, pengurus Rohis dan pengurus Osis. Hal tersebut dilakukan agar siswa tidak mengulangi kesalahan atau pelanggaran, demi terciptanya lingkungan sekolah yang Islami.


Keywords


Islamic School Culture, keimanan dan ketakwaan.

References


Alzuhaili, Muhammad. 2004. Mencipta Remaja Dambaan Allah Panduan Bagi Orang Tua Muslim. Bandung. PT Mizan Pustaka.

Ahmad, Muhammad Qadir. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta. Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan, Metode dan Paradigma Baru. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Bang Al Hapidz dalam http://hapidzcs.blogspot.com, diakses 5 Mei 2015.

Darajat, Zakiah. 1996. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Hafidhuddin, Didin dan Tanjung, Hendri. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta. Gema Insani Press.

Hosnan, Dr. M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21, Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. 2014. Bogor. Ghalia Indonesia.

Harjanto. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.