Pengaruh Pelaksanaan Bimbingan Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Peningkatan Soft Skills Peserta Didik di SMA Al Falah Bandung

Rizky I'malia Sari, Helmi Aziz, Dewi Mulyani

Abstract


Abstract. This research aims to determine and describe (1) the implementation of Islamic Education tutoring, (2) the enhancement of students soft skills and (3) the influence of Islamic Education tutoring on student soft skills enhancement in Al Falah Bandung Senior High School. To achieve these purpose, researcher use quantitative methods with data collection using techniques of observation, questionnaries, interviews and documentation. In analyzing data process this research use descriptive analysis and hypothesis testing. The results of this research is the implementation of Islamic Religious Education guidance has a significant effect on increasing the soft skills of students at Al Falah Bandung Senior High School. With this, it can be concluded that one of the factors of students soft skills enhancement are the provision of Islamic Religious Education guidance to students. So the learning process are not only to transfer the knowledge, but also instills the values contained in the learning materials.

Keywords: guidance, Islamic Religious Education, soft skills

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) pelaksanaan bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam, (2) Peningkatan soft skills peserta didik dan (3) pengaruh yang ditimbulkan dari pelaksanaan bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam terhadap peningkatan soft skills peserta didik di SMA Al Falah Bandung. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik ovservasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pada proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan soft skills peserta didk di SMA Al Falah Bandung. Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa yang menjadi salah satu faktor meningkatnya soft skills peserta didik adalah adanya pemberian bimbingan belajar Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik. Sehingga proses pembelajaran tidak sebatas pada transfer ilmu saja, melainkan menanamkan nilai-nilai yang terdapat dari materi pembelajaran.

Kata kunci: bimbingan belajar, Pendidikan Agama Islam, soft skills


Keywords


bimbingan belajar, Pendidikan Agama Islam, soft skills

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Muhammad Qadir. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amin, Samsul Munir. 2013. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Ekotama, Suryono. 2017. I Want You 8 Interpersonal Skills Karyawan yang Dibutuhkan Big Boss. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hamalik, oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jazimah, Hanun. 2014. Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam. Jurnal. Magelang: SMAN 1 Grabag. https://mudarrisa.iainsalatiga.ac.id/index.php/mudarrisa/article/view/765/574 [diakses 30 November 2019]

Lubis, Sarmadhan. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal. Rokan Hulu: Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Sekolah Tinggi Agama Islam Tuanku Tambusai. http://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah/article/view/58 [diakses 9 Oktoer 2019]

Nurihsan, Achmad Juntika. 2014. Bimbingan Konseling dalam Berbagai Latar kehidupan (edisi revisi). Bandung: Refika Aditama.

Rivai, Veithzal., dkk. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Suharyanti, Chandra., dkk. 2015. Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skill Makasiswa. Jurnal. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pap/article/view/2821 [diakses 9 Oktober 2019]

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan Konseling di Sekolah. Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, Herri. 2014. Communication Skills “Sukses Komunikasi, Presentasi dan Berkarier. Yogyakarta: Deepublish.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Intelegensi). Jakarta: Rajawali Pres.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20791