Pengelolaan Program Bina Baca Qur’an (BBQ) dalam Meningkatkan Kemahiran Siswa Membaca Al-Qur’an

Esti Susilawati, Dedih Surana, Muhammad Imam Pamungkas

Abstract


Abstract:

The research is backed by many learners who can not read the Qur'an. One step taken by SMP Al-Falah is to facilitate children to learn to read Quran. The purpose of this research is to know the planning, implementation, and evaluation of the program of Bina Baca Qur'an (BBQ) SMP Al-Falah. In this study data collection is conducted through observations, interviews, polls, and documentation with its documents namely the principal, Wakasek curriculum, religious coordinator, BBQ teachers, and learners who follow the BBQ. In addition, the approach used in this research is qualitative with a descriptive method, then the analysis of data and presentation through the depiction of a condition with words not numbers. The results of the research based on the data processing obtained are: 1. The planning of the BBQ program involved the superiors with the religious parties and by conducting work meetings first before socialized. 2. The implementation of the BBQ program is conducted in the field ranging from group division, scheduling activities, technical learning, and learning tools. 3. Evaluation of the BBQ program through three stages, namely that is done periodically every meeting and monthly, as well as the conditional so that the achievement of the program according to the plan.

                           

Keywords: Management, BBQ Program, Reading Skills Qur'an

 

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya peserta didik yang tidak bisa membaca Al-Qur’an. Salah satu langkah yang ditempuh oleh SMP Al-Falah Dago adalah memfasilitasi anak untuk belajar membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Bina Baca Qur’an (BBQ) SMP Al-Falah Dago. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi dengan informannya yaitu Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Koordinator Keagamaan, Guru Pembimbing BBQ, dan Peserta Didik yang mengikuti BBQ. Selain itu, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif, maka analisis data dan penyajiannya melalui penggambaran suatu kondisi dengan kata-kata bukan angka. Hasil penelitian berdasarkan pengolahan data yang diperoleh yaitu: 1. Perencanaan program BBQ melibatkan pihak atasan dengan pihak keagamaan serta dengan melakukan rapat kerja terlebih dahulu sebelum disosialisasikan. 2. Pelaksanaan program BBQ dilakukan dilapangan mulai dari pembagian kelompok, penjadwalan kegiatan, teknis pembelajaran, dan alat belajar. 3. Evaluasi program BBQ melalui tiga tahapan, yaitu yang dilakukan berkala setiap pertemuan dan bulanan, serta yang dilakukan kondisional sehingga pencapaian program sesuai rencana.

 

Kata Kunci : Pengelolaan, Program BBQ,  Kemahiran membaca Al-Qur’an


Keywords


Pengelolaan, Program BBQ, Kemahiran membaca Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2008). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gusman. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Kemampuan Siswa Dalam Baca Tulisal-Qur’an Di Mtsn Kedurang Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu, 2(2), hal. 231-238.

Mahmud, H. (2015). Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif). Makassar Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Pamungkas, M. I., Mulyani, D., & Inten, D. N. (2018). Literation of Al-Quran for Early Age with Playing. 1st Social and Humaniora Research Symposium. Vol: 307, hal. 11-15. Bandung: Atlantis Press.

Pikiran Rakyat. (2017). Ironis, 54% Muslim Indonesia Tak Bisa Baca Alquran. Https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/2017/12/14/ironis-54-muslim-indonesia-tak-bisa-baca-alquran-415880 (akses 20 Maret 2019).

Republika. (2018). 50 Persen Umat Islam di Indonesia belum bisa Membaca Al-Quran. Https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/10/11/pgfc9e366-50-persen-umat-islam-indonesia-belum-bisa-baca-alquran (akses 20 Maret 2019).

Wibawa, B. (2017). Manajemen Pendidikan Teknologi Kejuruan dan Vokasi. Jakarta: Bumi Aksara.