Penggunaan Metode Tikrar dalam Kemampuan Menghafal Al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi Soreang Kabupaten Bandung

Nestia Fauzi Utami, Ikin Asikin, Helmi Aziz

Abstract


Abstract. This research aims to determine how much influence from the use of Tikrar method of memorization ability of Quran in students in Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi. This research is expected to be utilized as an input to find a better teaching approach for prospective Hafidz and Hafidzah so that the memorization of Quran will be more effective.

Keywords: Memorizing Quran, Tikrar method

 

Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui berapa besar pengaruh dari penggunaan metode tikrar terhadap kemampuan menghafal Al-Quran pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajaran yang lebih baik lagi bagi calon hafidz dan hafidzah sehingga hafalan Al-Quran akan semakin efektif.

Kata Kunci : Menghafal Al-Quran, Metode Tikrar


Keywords


Menghafal Al-Quran, Metode Tikrar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Prasetya, J. T. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Aizid, R. (2013). Dahsyatnya Mukjizat 13 Sunnah Nabi. Yogyakarta : Sabil.

Andiya, F. (2012). Model Menghafal Al-Quran Implikasinya pada layanan penguasaan Konten Dalam Bimbingan dan Konseling. JUBK.

Atmadja, D. S., & Sukmawati, F. (2017). Upaya Mengembangkan Kemandirian Belajar Melalui Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas XI Ips 1 SMA Negeri 6 Pontianak. Proceedings Book ICGC'17, 304.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa . Yogyakarta : CV Budi Utama.

E.Midalifah. (2016). Implementasi Perbup No.33 Tahun 2008 Tentang Aspek Membaca dan Menghafal Al-Quran Terhadap Siswa Sekolah Tingkat Dasar Kokurikule Keagamaan. Tesis. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Hamid, A. (2016). Pengantar Studi Al-Quran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama .

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis Perancangan Sistem . Bandung: Abdi Sistematika .

Pratiwi, H. I. (2017). Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Quran Siswa Kelas Takhassus Putri Di Madrasah Tsanawiah Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rusyd, R. M. (2019). Panduan Praktis & Legkap Tahsin, Tajwid Dan Tahfidz Untuk Pemula . Yogyakarta: Laksana.

Shobari, R. (2018). Mengintip Lagi Iman Kita. Bandung: Elex Media Komputindo.

Syarifuddin, A. (2005). Mendidik Anak Membaca, Menulis Dan Mencintai Al-Quran. Jakarta : Gema Insani Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19782