Studi Komparasi Proses Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Fakultas Tarbiyah di Semester 1 Antara Mahasiswa Lulusan MA (Pondok Pesantren) dengan Lulusan SMA/SMK

Fitri Soleha, Adliyah Ali M.D, Ayi Sobarna

Abstract


Abstract. Learning is the process of carrying out educational interchanges in order to achieve the purpose of learning in these. The purpose of this study is to understand that differences in the results of language acquisition. University of tarja 1st grade arab a successful candidate MA satisfactorily. The quantitative approach used in this study is quantitative data collection (a quantitative approach that focuses more on water-based data development). The number of samples is 71. There is a data collection technique used for interviewing, observing, guiding, and document research. You can analyze the data that this program is using IBM SPSS 21.0. According to quantitative results, MA graduates and high school/educational students alike differed greatly. Average value M= 80.5 and high school/ college graduates got higher average scores m = 81,49 Students who graduated from high school scored higher than those who graduated from MA. This means that high school graduates are more active in the process of learning Arabic and want to understand more. Because former high school graduates study more. That's why natural students will be able to get higher.MA

Keywords : Repair research course, learning process, Arabic

Abstrak. Proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan proses belajar dari hasil belajar Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNISBA semester 1 angkatan 2018 lulusan MA dengan lulusan SMA/SMK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang lebih menekankan pada pengumpulan data kuantitatif (data yang berupa angka). Dengan populasi sampel berjumlah 71 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan program IBM SPSS 21.0. Berdasarkan hasil kuantitatif bahwa  kemampuan hasil belajar bahasa Arab mahasiswa lulusan MA dan mahasiswa lulusan SMA/SMK terdapat perbedaan yang signifikan, bahwa mahasiswa lulusan MA mendapatkan nilai rata–rata M= 80,5 Dan mahasiswa lulusan SMA/SMK mendapatkan nilai rata-rata M= 81,49 bahwa mahasiswa lulusan SMA lebih tinggi skor nilai daripada mahasiswa lulusan MA. Bahwa mahasiswa lulusan SMA dalam proses belajar bahasa Arab mahasiswa lebih aktif dan lebih ingin memahami lebih dalam karena sebelumnya mahasiswa lulusan SMA belum pernah mempelajari bahasa Arab, sehingga mahasiswa lulusan SMA lebih aktif belajar sehingga mahasiswa lulusan SMA mendapatkan skor lebih tinggi di bandingkan dengan mahasiswa lulusan MA.

 Kata Kunci : Studi Komparasi, Proses Belajar, Bahasa Arab


Keywords


Studi Komparasi, Proses Belajar, Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Anas Sujiono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002).

Rustaman, 2001 : 461. Pengertian pembelajaran menurut para ahli

Rosyidi, A. W., & Mamlu'atul, N. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Taufiq, N. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab . (online), file:///G:/Referensi/tujuan-pembelajaran-bahasa-arab.html, diakses pada tanggal 10 Maret 2019, pukul 09.00 wib).