Pengeruh Keaktifan Siswa dalam Leadership Survival Camp terhadap Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Menengah Pertama Sekolah Alam Bandung

Rizky Heriyanto, Erhamwilda Erhamwilda, Ayi Sobarna

Abstract


Abstract. Education is a major factor in shaping the human person, because education not only builds people from the cognitive side but also other, more fundamental sides, one of which is character education. However, looking at the phenomena that occur at this time, many cases that occur in education such as bullying, promiscuity and part of it. Therefore, character education really needs to be considered, how the influence of the Leadership Survival Camp activities on the formation of the character of student responsibility, as in the Bandung Natural School there is a Survival Camp leadership program in realizing character education at school. The purpose of this study was to determine the effect of Leadership Survival Camp activities on the formation of the character of Student Responsibility. The method used is the Expost facto method using a quantitative approach. The results showed that; 1) the implementation of Leadership Survival Camp is carried out in stages adapted to the class level of students, learning is done both in the classroom or outside the class brought by Outbound trainers, the delivery of material / teaching material is done by lecture and application methods. These conditions make students enthusiastic about participating in this activity, so that student participation in this activity is very positive. This makes the learning process run well, although there are still students who do other things. 2) The effect of Leadership Survival Camp on character formation in the Bandung natural school is very positive, through research results sought by researchers that there is a positive correlation between the activity of Leadership Survival Camp on the formation of the character of student responsibility. 3) the factors that become obstacles when implementing activities are when field conditions and facilitators are lacking so there needs to be an evaluation in this regard. The spirit of student learning conducted in nature is one of the supporting aspects in the implementation of this activity.

Keywords: activeness of Leadership Survival Camp, Character, Responsibility.

Abstrak. Pendidikan merupakan faktor utama dalam membentuk pribadi manusia, karena pendidikan tidak hanya membangun manusia dari sisi kognitifnya saja tetapi juga sisi lain yang lebih fundamental, salah satunya adalah pendidikan karakter. Namun, melihat fenomena yang terjadi pada saat ini, banyak kasus yang terjadi dalam pendidikan seperti bullying, pergaulan bebas dan sebagianya. Maka dari itu, pendidikan karakter sangat perlu diperhatikan, bagaimana pengaruh kegiatan Leadership Survival Camp terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa, sebagaiamana di Sekolah Alam Bandung adanya program leadership Survival Camp dalam mewujudkan pendidikan karakter disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahu pengaruh kegiatan Leadership Survival Camp terhadap pembentukan karakter Tanggung Jawab Siswa. Metode yang digunakan adalah metode Expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pelaksanaan Leadership Survival Camp dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan level kelas siswa, pembelajaran dilakukan baik didalam kelas ataupun di luar kelas yang dibawakan oleh pelatih Outbond, penyampaian materi/bahan ajar dilakukan dengan metode ceramah dan aplikasi. Kondisi tersebut membuat siswa antusias mengikuti kegiatan ini, sehingga partisipasi siswa dalam kegiatan ini sangat positif. Hal tersebut membuat proses pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, meskipun masih ada siswa yang berbuat hal lain.  2) Pengaruh Leadership Survival Camp terhadap pembentukan karakter di sekolah alam bandung sangat positif, melalui hasil penelitian yang dicari oleh peneliti bahwasanya adanya korelasi positif antara keaktifan Leadership Survival Camp terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa. 3) faktor yang menjadi penghambat ketika pelaksanaan kegiatan adalah ketika kondisi lapangan dan fasilitator yang kurang sehingga perlu adanya evaluasi dalam hal hal tersebut. Adanya semangat belajar siswa yang dilakukan di alam menjadi salah satu aspek pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Kata Kunci: keaktifan Leadership Survival Camp, Karakter, Tanggung Jawab.


Keywords


keaktifan Leadership Survival Camp, Karakter, Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Prayoga Bestari, E. S. (2013). Teori Dan Praktek Pendidikan Karakter Dan Kewirausahaan. Bandung: Cv. Mugni Sejahtera.

Sriyono. 1992. Tehnik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala,syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17525