Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti

Noviyanti Dwiastuti, Asep Dudi Suhardini, Helmi Aziz

Abstract


Abstract. Learning activities of PAI in X-L1 classes that are teacher-centered tend to make the learning process less than optimal. This right is due to the delivery of material only by the lecture method. So that students saturate and get bored quickly. To improve the learning process the teacher needs to vary the learning method. This study aims to identify the application of project-based learning to PAI subjects and identify the results of the application of project-based learning to PAI and Budi Pekerti subjects in class X-L1. This study uses a qualitative approach with the method used is classroom action research (CAR) consisting of II cycles. Data collection is done by observation, interviews, diaries, and questionnaires. The results of the study show. 1) The application of project based learning is carried out in several stages, including the stages of determining basic questions; project planning stage; the stage of preparing a schedule; stage of monitoring student activities; stage of testing results; and the stage of evaluating experience. 2) The results of applying project based learning in PAI and Pekerti subjects show that in the learning process centered on students, students are more actively involved in the learning process. In addition, the application of project-based learning to PAI and Budi Pekerti subjects showed an increase in learning outcomes in the first cycle of 42% and in the second cycle 83%.

Keywords: PAI Learning, Project Based Learning Model

Abstrak. Kegiatan pembelajaran PAI di kelas X-L1  yang berpusat pada guru cenderung membuat proses pembelajaran menjadi kurang optimal. Hal tersebut dikarenakan  penyampaian materi hanya dilakukan dengan metode ceramah. Sehingga membuat siswa jenuh dan cepat bosan. Untuk memperbaiki proses pembelajaran guru perlu memvariasikan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI dan mengidentifikasi hasil penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X-L1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan harian, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan. 1) Penerapan pembelajaran project based learning ini dilakukan dengan beberapa tahap, di antaranya tahap penentuan pertanyaan dasar; tahap perencanaan proyek; tahap menyusun jadwal; tahap memonitoring kegiatan siswa; tahap menguji hasil; dan tahap mengevaluasi pengalaman. 2) Hasil dari penerapan pembelajaran project based learning pada pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran berpusat pada siswa, siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti menunjukkan peningkatan hasil belajar di siklus I sebesar 42% dan di siklus II sebesar 83%.

Kata Kunci: Pembelajaran PAI, Model Project Based Learning.


Keywords


Pembelajaran PAI, Model Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Badar Al-Tabany, Trianto Ibnu. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Rawamangun.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: deepublish.

Gora, Winastwan dan Sunarto. (2010). PAKEMATIK: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaranm, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Mariyaningsih, Nining dan Mistina Hidayati. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Marwiyah, dkk. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Maryani, Ika dan Laila Fatmawati. (2018). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Guru: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA;SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep Dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Syarifuddin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16708