Analisis Manajemen Ekstrakulikuler Baca Tulis Tahfidz Qur’an di Mi Sains Baiturrahman

Sarah Utami, Sobar Al Ghazal, Adliyah Ali MD

Abstract


Abstract. This research is motivated by the importance of preparing the next generation who memorized the Qur'an. To prepare for it is not an easy job, for it requires an education from an early age, so that they love and are interested in being able to read, write, memorize the Qur'an, for that there needs to be good management so that learning objectives can be achieved effectively and efficiently.The Baiturrahman MI Science organizes the Tahfidz Qur'an Reading Extracurricular Activities. The research method used is descriptive analytic with a qualitative approach. Data collection techniques used were interviews, field observations and documentation. The results of the study show: (1) Tahfidz Qur'an's Write Extracurricular Planning at Baiturrahman MI Science is quite adequate the principles of educator management Evidenced by the steps of planning, namely: Formulate and set goals, make a curriculum, and prepare a Learning Implementation Plan (RPP). (2) The implementation of Tahfidz Qur'an Read Write activities every Monday-Friday at 07.00-08.30 WIB including compulsory extracurricular activities. This implementation is divided into three stages, namely: Introduction; Core; and Closing. The method used by this activity is the method of tahfidz, kitabah, demonstration, and friends between friends. (3) Tahfidz Qur'an Reading Ectraculicular Evaluation using daily deposit, fourth week, semester and end of sixth grade. For reporting the results of memorization there is a book memorized by students.

 

Keywords: Extracurricular Management, Read Write the Qur'an, Tahfidz Qur'an

 

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi betapa pentingnya mempersiapkan generasi penerus yang hafal Al Qur’an. Untuk mempersiapkan tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah, untuk itu dibutuhkan suatu pendidikan dari usia dini, sehingga mereka cinta dan tertarik untuk dapat baca, tulis, menghafal Al-Qur’an, untuk itu  perlu ada manajemen yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. MI Sains Baiturrahman menyelenggarakan kegiatan Ekstrakulikuler Baca Tulis Tahfidz Qur’an. Metode penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan Ekstrakulikuler Baca Tulis Tahfidz Qur’an di MI Sains Baiturrahman cukup memadai prinsip-prinsip manajemen pendidik. Terbukti dengan langkah-langkah perencanaan yaitu : Merumuskan dan menetapakan tujuan, membuat kurikulum, dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Pelaksanaan kegiatan Baca Tulis Tahfidz Qur’an setiap hari senin-jumat pukul 07.00–08.30 wib termasuk ekstrakulikuler wajib. Pelaksanaan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: Pendahuluan; Inti; dan Penutup. Metode yang digunakan kegiatan ini metode tahfidz, kitabah, demontrasi, dan teman antar teman. (3) Evaluasi Ektrakulikuler Baca Tulis Tahfidz Qur’an menggunakan tes setoran harian, minggu ke-empat, semesteran dan akhir kelulusan kelas enam. Untuk pelaporan hasil hafalan terdapat buku pantauan hafalan siswa.

 

Kata Kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Baca Tulis Qur’an, Tahfidz Qur’an


Keywords


Manajemen Ekstrakurikuler, Baca Tulis Qur’an, Tahfidz Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2012. “Pendidikan Karakter Perspekti Islam”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Al-Lahim, Khalid Bin Abdul Karim. (2008). Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an. Surakarta : Daar An-Naba

Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi (1988). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta : CV Rajawali.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Priansa, Doni Juni. (2009). Manajemen Ekstrakurikuler. Bandung: CV Wacana Gelora Cipta

Hasibuan, Malayu S.P (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Juni, D. (2009). Manajemen Ekstrakulikuler. Bandung: Wacana Gelora Cipta.

Kompri . (2015). Manajemen Pendidikan komponen-komponen Elementer Kemajuan

Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rahminawati, Nan. 2016. Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung: Unisba

Sagala, S. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyrakat: Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta; Nimas Multima.

Saud, U. S., & Makmun, A. S. (2007). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 1992. Pengantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Bandung; Nusantara

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta