Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Karakter Kemandirian Siswa di Smp Salman Al-Farisi

Nizar Alitria, Ikin Asikin, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstact. Independent is a character that every student must have. They must have an independent character in their soul so that they can do the tasks of the future well. Building the character of independence is the responsibility of the school. The character of independence of every student is different, the school task is to make the character of independence it is formed to be a better person. the purpose of the research is the same as the school character that is to know the program that can increase the program of the school that can enable the program of the independence program in the study of the independence program that is in fact this research program that is used descriptive of analysis approchative quantitative, data technology, used field, the field of documentation and questionnaire. The result of this study showed that: (1) The planning program builds the character of independence students are very structured (2) program of implementing the character of independence, has been made structured, if not implements punishment. (3) program of evaluation of the development of the student’s experience (4) supporting factors are rules, policies, and cooperation.

 

Keywords: character building, independence


Abstrak. Kemandirian adalah suatu karakter yang harus dimiliki setiap siswa. Mereka harus mempunyai karakter mandiri di dalam jiwanya agar mereka bisa mengerjakan tugas-tugas masa depan dengan baik . Membangun karakter kemandirian sudah menjadi tanggung jawab pihak sekolah, Karakter kemandirian setiap siswa berbeda-beda, tugas sekolah adalah menjadikan karakter kemandirian itu terbentuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program sekolah yang dapat meningkatkan kemandirian siswanya, yang meliputi: (1) perencanan program kemandirian siswa. (2) pelaksanaan program kemandirian siswa. (3) evaluasi program kemandirian siswanya. (4) faktor-faktor penunjang yang dapat menghambat program kemandirian siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi lapangan, studi dokumentasi dan angket sebagai triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) program Perencanaan membangun karakter kemandirian siswa sudah terstruktur  (2) program Pelaksanaan membangun karakter kemandirian sudah dibuat terstruktur, apabila tidak dilaksanakan mendapat hukuman (3) program evaluasi membangun karakter kemandirian siswa hampir disetiap kegiatan melakukan evaluasi kepada siswanya. (4) faktor-faktor penunjang adalah tata aturan, kebijakan, dan kerjasama.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kemandirian


Keywords


Pendidikan karakter, Kemandirian

Full Text:

PDF

References


Barbara A. Lewis. (2004) Edisi Terjemahan: Character Building untuk Remaja.

Batam Center: Karisma.

E.Mulyasa, (2005). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Haris Mudjiman. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Lickona, Thomas (1992) Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara

Sutarsih, Cicih. 2015, Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta.

Suyadi, (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedajogja




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14901