Implikasi Pendidikan Berdasarkan Hadits Riwayat Bukhari tentang Yassiruu Wa Laa Tu’assiruu Wa Bassyiruu Wa Laa Tunaffiruu dalam Menyusun Strategi Pembelajaran

Rachmawaty Rahayu, Saepuddin Saepuddin, Adliyah Ali

Abstract


Abstract. Learning is a process that happens to everyone that lasts a lifetime, since I was in the womb to the grave. One sign that a person has to learn is a change in behavior in him. The behavioral changes regarding the changes which are knowledge (cognitive), skills (psychomotor) and attitude (affective). For the achievement of behavior change and the achievement of learning objectives need a strategy to plan the learning process. This study intends to study in depth the Hadith Bukhari, which aims to: 1) understand the hadith commentary, 2) knowing the essence of which is contained in the hadith, 3) know the relevant theories of learning strategies, and 4) obtain educational implications of these traditions. This study uses descriptive method of analysis with data collection techniques in the form of literature study. Research activities are conducted by deeply studying various books and books related to the subject matter of research. The essence of the hadith of Bukhari includes two things: 1) The teachings of Islam enjoins to always make ease and prohibition complicate in any matter, situation and condition and in all kinds of common good not only in obligatory matters set by God alone. 2) In giving a reprimand to the person who made a mistake because of the limitations of his knowledge and ignorance, must use a gentle way and by using fun methods so that it can be received well. The educational implications of Bukhari hadith narrative about composing this learning strategy are: 1) Strategies in the learning process should use methods that are easily understood by learners. 2) Strategies in the learning process should use a fun approach.

 

Keywords: learning process, strategy.

 

Abstrak. Belajar merupakan sebuah proses yang terjadi pada semua orang yang berlangsung seumur hidup, sejak masih di dalam kandungan hingga liang lahat. Salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku di dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut menyangkut perubahan yang bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik) dan sikap (afektif). Untuk tercapainya perubahan perilaku dan tercapainya tujuan pembelajaran perlu adanya strategi untuk merencanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud mengkaji secara mendalam hadits Riwayat Bukhari, yang bertujuan untuk: 1) mengetahui syarah hadits, 2) mengetahui esensi yang terkandung di dalam hadits, 3) mengetahui teori terkait strategi pembelajaran, dan 4) memperoleh implikasi pendidikan dari hadits tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam berbagai kitab dan buku yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Esensi hadits Riwayat Bukhari ini meliputi 2 hal: 1) Di dalam proses pembelajaran, ajaran Islam memeritahkan untuk senantiasa memberikan kemudahan dan larangan mempersulit dalam situasi dan kondisi apapun. 2) Dalam memberikan pengajaran kepada orang yang sedang belajar atau yang melakukan kesalahan oleh sebab keterbatasan ilmu dan ketidaktahuannya, harus menggunakan penyampaian yang lemah lembut dan dengan menggunakan metode yang menyenangkan sehingga dapat diterima dengan baik. Implikasi pendidikan dari hadits Riwayat Bukhari tentang menyusun strategi pembelajaran ini adalah: 1) Strategi dalam proses pembelajaran harus menggunakan metode yang mudah dipahami oleh peserta didik. 2) Strategi dalam proses pembelajaran harus menggunakan pendekatan yang menyenangkan.

 

Kata Kunci: proses pembelajaran, strategi.

Keywords


proses pembelajaran, strategi

Full Text:

PDF

References


Al-Asyqolani, Ibnu Hajar. (1379 H). Fathul Baari; Syarah Shahih Bukhari. Beirut: Daar Al-Islami

Arthur J. Gates, et. al., Educational Psychology, (New York: The MacMillan Company, 1954), hlm. 301

Bahri, Syaiful. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

___________. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

___________. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pedidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dimyati. Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

_______________. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PPPMTK Dikti Depdikbud

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Erhamwilda. (2014). Psikologi Belajar (Perspektif Psikologi dan Islam). Bandung: Tidak diterbitkan

Gagne, Robert M. and Leslie J. Briggs. (1979). Principles of Instructional Design. New York: Rinehart and Winston

Gredler, Margeret E. Bell. (1991). Belajar dan Membelajarkan (Penerjemah Munadir). Jakarta: PAU-UT dan CV Rajawali Pres

Greenberg, Jerald, Managing Behaviors in Organizations, (New York: Harper & Row Publishers, 1970), hlm. 35-47

Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Klausmeier, Herbert J., Learning and Human Abilities: Educational Psychology, (New York: Harper & Brothers Publisher, 1961), hlm. 327

Koentjaraningrat.(1983). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Meity. (2014). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: PT Luxima Metro Media

Roestiyah N.K. (1991). Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara

Rosidin, Dedeng. (2014). Pendidikan dalam Al-Qur’an (Kajian Tematik dan Semantik). Bandung: Insan Rabbani

Ruslan, Rosdy. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia

Siregar Eveline, Nara Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Sudirman N, dkk., (1991). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

_________. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriadie, Didi. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Surya, Mohamad. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung. Alvabeta, cv

Suryabrata, Sumardi. (1984). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

_____________. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Syaodih, Nana. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

____________. (2004). Kurikulum & Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Yayasan Kesuma Karya

Wahab, Rohmalina. (2015). Psikologi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Wandi, Ahmad. (2017). Terjemah Tajrid Sharih Bukhari. Bandung: Abu Hafizh Publishing

Yamin, Martinis. (2006). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press

Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13085