Pengelolaan Program Unggulan Tahfidz Al-Qur’an Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Nuruzzaman Islamic Boarding School

Muhammad Rifan, Enoh Nuroni

Abstract


Abstract. The research about case study on the Management of Tahfidz Al-Qur'an Superior Program at Nuruzzaman Secondary School Students who have several stages in implementing tahfidz program of Al-Qur'an starting from planning, execution and evaluation adjusted to vision of mission and purpose of program implementation. The purpose of the study is to know the planning undertaken by the Nuruzzaman School, knowing the implementation of activities undertaken by the SMP Nuruzzaman, knowing the evaluation of the implementation of learning activities tahfidz Al-Qur'an program. The research method is case study with qualitative approach collecting data by observation, documentation, and interview so that research activity done by studying various excellence and theory through existing literature followed by direct field research to get accurate data which then will be combined with objective findings in the field end conclusion. The results obtained are: (a) Program planning tahfidz Al-Qur'an prioritizing aspects of faith, aspects of science, aspects of morals, aspects of charity (b) Work program that has been planned then implemented with the principle of methods taught by the Prophet Muhammad SAW in Bukhari hadith -Muslim explain teaching method for a teacher, that is: basysyiru = give good news, wala tunaffiru = do not scare, yassiru = make it easier, wala tu'assiru = do not complicate, so planning to instill the four aspects above can be done (c) Evaluation of Qur'an tahfidz program that must be improved is the limited time to memorize for students, the lack of teachers tahfidz Al-Qur'an, social environment, students are less precise in managing the time, forget is a constraint of the program tahfidz Al-Qur'an.

Keywords: Management, Program Tahfidz Al-Qur'an.

Abstrak. Penelitian ini mengenai studi kasus tentang Pengelolaan Program Unggulan Tahfidz Al-Qur’an Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Nuruzzaman yang memiliki beberapa tahapan dalam melaksanakan program tahfidz Al-Qur’an dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang disesuaikan dengan visi misi dan tujuan dilaksanakannya program tersebut. Tujuan penelitian ialah mengetahui perencanaan yang dilaksanakan oleh pihak SMP Nuruzzaman, mengetahui pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak SMP Nuruzzaman, mengetahui evaluasi dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran program tahfidz Al-Qur’an . Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif maka pengumpulan data yang digunakan ialah dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara sehingga kegiatan penelitian dilakukan dengan mengkaji berbagai keunggulan dan teori melalui literatur yang ada dilanjutkan dengan penelitian dilapangan secara langsung untuk mendapatkan data yang akurat yang kemudian akan digabungkan dengan temuan objektif di lapangan yang diakhiri dengan kesimpulan. Hasil yang diperoleh ialah: (a) Perencanaan program tahfidz Al-Qur’an yang mengutamakan aspek keimanan, aspek keilmuan, aspek akhlak, aspek amal (b) pembelajaran program tahfidz al-Qur’an yang dilaksanakan di SMP Nuruzzaman  menggunakan metode tahfizh dan takrir adapun yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits Bukhari-Muslim menjelaskan metode mengajar bagi seorang guru, yaitu: basysyiru = memberi kabar gembira, wala tunaffiru = jangan menakut-nakuti, yassiru = mempermudah, wala tu’assiru = jangan mempersulit, sehingga perencanaan untuk menanamkan empat aspek di atas dapat terlaksana (c) Evaluasi program tahfidz Al-Qur’an yaitu terbatasnya waktu menghafal bagi siswa dan kurangnya pengajaran merupakan Kendala dari program tahfidz Al-Qur’an, lingkungan pergaulan, siswa kurang tepat dalam mengatur waktu, lupa merupakan kendala dari program tahfidz Al-Qur’an tersebut.

 Kata Kunci : Pengelolaan, Program Tahfidz Al-Qur’an.


Keywords


Pengelolaan, Program Tahfidz Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Achmad Patoni. (2004). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta Pusat: Bina Ilmu.

Suharsimi Arikunta. (1988) pengelolaan kelas dan siswa, jakarta : CV. Rajawali.

Hikmat. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Munawwir, A.WQ, (1999) Kamus al-Munawwir Arab Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresif.

Suharsimi Arikunto, (2004)Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional,(1988)Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Salim, H. (1985). Terjemah Mukhtarul Ahadits. Bandung: PT Alma’arif Bandung.

http://akbar-iskandar.blogspot.com/2011/05/penilaian-otentik.html

http://filesop.blogspot.com/2016/02/penilaian-definisi-prinsip-dan-tujuan.html




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12705