Telaah Pelaksanaan Pembelajaran Materi Tajwid melalui Strategi Mnemonik

Tamim Tamim, Ayi Sobarna, Adang M. Tsaury

Abstract


Abstract. Students’ understanding on tajwid material begins with remembering the tajwid material. A constraint is in memorizing the group of hijaiayah letters based on the tajwid rule. The reason is because the group of letters has no regular order or rank. Thus, it needs a method that makes it easier for students to group the letter. With the easiness, the students will also find it easier to comprehend the tajwid material. An alternative for solving the problem is by using a mnemonic strategy. The present research was an attempt to enhance the competence of students in understanding tajwid material. The research was conducted to the grade-VII students of Bandung Babussalam SMP (Junior High School) Plus. It was conducted by using a classroom Action Research. It consisted of three cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection activities. The conclusion that could be drawn was that using a mnemonic strategy can improve students’ understanding on tajwid material in Al Quran course in SMP Plus Babussalam Bandung.

Keywords: Tajwid material, Mnemonic Strategy, Tajwid  and Mnemonic strategy.

Abstrak. Pemahaman siswa terhadap  materi tajwid diwali dengan mengingat materi tajwid. Adapun  kendalanya yakni menghafal kelompok huruf hijaiayah berdasarkan ketentuan hukum tajwid tersebut. Penyebabnya, kelompok-kelompok huruf tersebut tidak memiliki urutan yang beraturan. Dengan demikian, diperlukan metode yang memudahkan siswa agar mengelompokkan huruf-huruf tersebut. Dengan kemudahan tersebut, para siswa mengalami kemudahan pula untuk memahami materi tajwid tersebut. Alternatif  pemecahan masalahnya adalah dengan menggunakan strategi mnemonik. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para siswa memahami materi tajwid. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Plus Babussalam Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian  ini terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Simpulan  yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan strategi mnemonik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tajwid dalam  mata pelajaran Al Qurán di SMP Plus Babusalam Bandung.

Kata Kunci: Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik.

Keywords


Materi Tajwid, Strategi Mnemonik, Tajwid Strategi Mnemonik

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2013. INOVASI PEMBELAJARAN. Bumi Aksara: Jakarta.

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV. Yrama Widya.

Huda, Miftahul. 2016. MODEL-MODEL PENGAJARAN DAN PEMEBLAJARAN: isu-isu metodis dan paradigmatis.Yogakarta: Pustaka Pelajar.

Nurani, siti. et al. (2017). Implikasi Konsep Manusia Menurut Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah Terhadap Sifat Pendidik. http://Karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7721, (akses 01 Agustus 2018).

Ormrod, Jeanne Ellis. (Penerjemah: Wahyu Indianti Dkk.) 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Ostroff, Wendy L. (Penerjemah: Tanuwijaya, B. Sendra). 2013. Memahami Cara Anak-Anak Belajar, Membawa Ilmu Perkembangan Anak Ke Dalam Kelas. Jakarta: PT. INDEKS.

Santrock, John W. 2015. (Penerjemah Tri Wibowo BS.) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Solso, Robert . Maclin, Otto H. Maclin M.Kimberly.(penerjemah: Rahardanto, Mikael. Batuadji, Kristianto).2007. PSIKOLOGI KOGNITIF. Jakarta: Erlangga.

Syah, Muhibbin. 2003. PSIKOLOGI BELAJAR. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widura, Sutanto. 2009. Brain Management Series For Learning Strategy Be An Absolute Genius! Panduan Praktis Learn How To Learn Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12327