Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi)

Indah Nur Amaliah, Enoh Nuroni, M. Imam Pamungkas

Abstract


Abstract. The best humans are humans who study and teach the Qur'an and the best age is golden age. This is what makes researchers interested in the learning of Tahfidz Al-Qur'an by the method of talaqqi. By memorizing the Qur'an is an attempt to establish a person who is physically and psychologically mature. Through learning the Koran at an early age or elementary school age. This research is a qualitative research using the descriptive method to examine the learning objectives of the Koran with the Talaqqi Method, the implementation of tahfidz learning with the talaqqi method, and the results of learning the talaqqi method. Data collection techniques were carried out by interview, observation, questionnaire, and documentation study. The purpose of this research is to find out: (1) The purpose of the Talaqqi Method on the Tahfidz Al-Qur'an learning for MI Asih Putera students; (2) The implementation of Tahfidz Al-Qur'an learning with the Talaqqi Method for MI Asih Putera students; (3) Results of the Talaqqi Method on Tahfidz Al-Qur'an learning for MI Asih Putera students. The conclusion of this study is the Talaqqi Method is a method that is prepared applicatively and effectively, so as to provide convenience for a children to be able to memorize the Qur'an properly and correctly in accordance with Tajweed and the Makrojul Hurufnya. The application of the Talaqqi method in the Asih Putera City of Cimahi MI which was used in the reading of the Qur'an was carried out in grades one through six. The application of the method is carried out in accordance with the learning schedule determined by the school. The system that is applied in the learning of the Talaqqi Method is the imitation and pilot system accompanied by other methods, as well as its application using the leveling system. The acquisition of Al-Qur'an reading results for students using the Talaqqi Method shows a significant increase in accordance with the expected goals.

Keywords: Learning, Talaqqi Method, Memorizing Al-Qur'an.

 

Abstrak. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an dan sebaik-baik usia adalah usia keemasan. Hal inilah yang menjadikan peneliti tertarik dengan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dengan metode talaqqi. Dengan menghafal Al-Qur’an adalah usaha dalam memberntuk manusia yang matang secara fisik maupun psikis. Melalui pembelajaran Al-Qur’an di usia dini atau usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk meneliti tujuan pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi, Pelaksanaan pembelajaran tahfidz dengan metode talaqqi, dan hasil pembelajaran metode talaqqi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan studi dokumentasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tujuan Metode Talaqqi terhadap pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada siswa MI Asih Putera; (2) Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi pada siswa MI Asih Putera; (3) Hasil Metode Talaqqi terhadap pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada siswa MI Asih Putera. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode Talaqqi merupakan metode yang disusun secara aplikatif dan efektif, sehingga memberikan kemudahan bagi anak untuk dapat menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan Makrojul Hurufnya. Adapun penerapan metode Talaqqi di MI Asih Putera Kota Cimahi yang digunakan dalam pembelajaran baca Al-Qur’an dilangsungkan di kelas satu sampai kelas enam. Penerapan metode dilakukan sesuai dengan jadwal pembelajaran yang sudah ditentukan pihak sekolah. Sistem yang diterapkan dalam pembelajaran Metode Talaqqi adalah sistem peniruan dan percontohan diiringi oleh metode lainnya, serta penerapannya menggunakan sistem pelevelan. Adapun perolehan hasil membaca Al-Qur’an pada siswa dengan menggunakan Metode Talaqqi menunjukan peningkatan yang signifikasan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an.

Keywords


Pembelajaran, Metode Talaqqi, Menghafal Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Hasan. (2008). Menghafal Al-Qur’an Itu Mudah. Jakarta : Pustaka At-Tazkia

Arifin, Muhammad. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Karima, Nur R. (2015). Analisis Pengelolaan Pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi di Kelas VIII SMPIT Qordova Rancaekek Bandung. Bandung

Muhammad, Ali. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Amani

Munawwir, Ahmad W. (1997). Al-Munawwir. Jakarta Pustaka Progresif

Nata, Abuddin. (2009). Metodologi Studi Islam. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Rahmawati, Laily. (2016). Implementasi Metode Tahfidz Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di SMP IT Tahfidzil Qur’an Botoran Tulungagung. Tulungagung

Rauf, Aziz A. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. Bandung : PT Syamil Cipta

Suprihatiningrum, Jamil. (2017). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12276