Analisis terhadap Penerapan Qaulan Sadidan oleh Orang Tua pada Anak Usia 7-12 Tahun di RT 06/RW 20 Kelurahan Taman Sari Bandung

Ilham Nuryawiguna, Agus Halimi, Erhamwilda Erhamwilda

Abstract


Abstract. The Qur'an is a book for Muslims as a guide to life in the world and in the hereafter so it is important for humans to learn it. The success of parental education for children can be seen from the success or failure of achievement based on children's development in language and good behavior. There are so many methods of education that can be used to create a good child behavior, including Qaulan Sadida or strict assertions. Based on this, the researcher needs to conduct research on "Analysis of Parent Education on Children Aged 7-12 Years by Applying Qaulan Sadida in RT 06 / RW20 in Taman Sari Bawah Bandung Village."The purpose of this research is to find out parents' education for children aged 7-12 years by applying Qaulan Sadida throughthe characteristics, implementation and perception of parents in RT 06 / RT 20 in Taman Sari Bawah Bandung Village.This study uses descriptive analytic method, with a qualitative approach. As for in this study using quantitative data is done so that it is sure to fulfill the data about the implementation of parental education for children by using Qaulan Sadida. Data collection techniques include field observations, documentation, interviews and questionnaires.Based on the results of the study concluded that: (1) behavior characteristics of people who practice Sadida Qaulan developed through the opinions of commentators (2) How to implement Qaulan Sadida against children is developed through the

conclusions of the commentators (3) Parents' perceptions of children are developed through summary results from interviews conducted to parents of children aged 7-12 years.

Abstrak. Al-Qur’an merupakan kitab bagi umat islam sebagai pedoman hidup di dunia maupun untuk akhirat sehingga penting bagi manusia untuk mempelajarinya. Keberhasilan pendidikan orang tua terhadap anak dapat dilihat dari berhasil tidaknya pencapaian berdaarkan perkembangan anak dalam berbahasa maupun berperilaku yang baik. Banyak sekali metode pendidikan yang dapat digunakanan untuk menciptakan suatu perilaku anak yang baik, termasuk Qaulan Sadida atau perkatan tegas. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti perlu melakukan penelitian mengenai  “Analisis Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Usia 7-12 Tahun Dengan Menerapkan Qaulan Sadida di RT 06/RW20 Kelurahan Taman Sari Bawah Bandung.”Adapun tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan orang tua terhadap anak usia 7-12 tahun dengan enerapkan Qaulan Sadida melalui karakteristik, implementasi dan persepsi orang tua di RT 06/RT 20 di Kelurahan Taman Sari Bawah Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, dengan pendekatan kualitatif. Adapun dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dilakukan agar seakin memenuhi data tentang implementasi pendidikan orang tua terhadap anak dengan menggunakan Qaulan Sadida. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, tudi dokumentasi, wawancara serta angket.Berdasarkan  hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Karakteristik perilaku orang yang mengamalkan Qaulan Sadida dikembangkan melalui pendapat para mufasir (2) Cara mengimplementasikan Qaulan Sadida terhadap anak dikembangkan melalui rangkupan kesimpulan dari para mufasir (3) Persepsi orang tua terhadap anak dikembangkan melalui hasil rangkuman dari wawancara yang dilakukan kepada oang tua wali anak usia 7-12 tahun.conclusions of the commentators (3) Parents' perceptions of children are developed through summary results from interviews conducted to parents of children aged 7-12 years.


Full Text:

PDF

References


Al-Baraosawi, Isma’il Haqqi; Syihabuddin. (1997). Tafsir Ruhul Bayan Juz 4.

Bandung: c.v Dipenogoro.

Al-Maraghi, Ahmad Mustafha: Abu Bakar, Bahrun. (1986). Tafsir Al-Maragi Juz

Semarang: c.v Thaha Putra.

Ar-Rifa’i, Muhamad Nasib: Syihabuddin. (1999). Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 1

(Terjemah). Jakarta: Gema Insani.

Arifin, Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan, Metode, dan Paradigma Baru.

Bandung: PT Remaja Rosda Karaya

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Dahlan, Zaini. dkk. (1991). Tafsir UII (Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid II Juz 4).

Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga(Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Prahatmaja, Nurmaya. (2004). Skripsi: Perilaku Pengguna dalam Pencarian dan Pemanfaatan Informasi di Pusat Dokumentasi Harian Umum SoloPos.

Bandung: Jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas Komunikasi UNPAD.

Quthb, Sayyid. (2003) Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Jilid 2. Jakarta: Gema Insani Press.

Sudjiono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikaj. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

-----------. (2009). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Surakhmad, Winarno. (1989). Pengantar Penelitian Ilmiah (Dasar, Metode dan Teknik). Bandung: Tarsito.