Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Saintifik di SD Elfitra Antapani Bandung

Novianti Sholihah, A. Mujahid Rasyid, U. U. Saefuddin

Abstract


Abstract. The learning process of scientifically based Islamic religious education has certain programs according to the vision and mission in the effort to achieve learning objectives. In this case Elfitra Elementary School has a program that is thematic science project and diniyah with the aim of providing broader insight to students to study scientific knowledge related to the Qur'an. So that it can develop students more creatively and effectively. This scientific learning program replaces the previous method which only uses the lecture method. The program held at SD Elfitra Antapani Bandung is in the process of learning about scientific science related to the Qur'an. The purpose of this study was to determine: (1) Scientific based learning program at Elfitra Antapani Elementary School in Bandung, (2) Scientific based planning, (3) Scientific based Islamic implementation at SD Elfitra Antapani Bandung, (4) Evaluation of scientifically based Islam in elementary school Elfitra Antapani Bandung. This study uses a descriptive method using a qualitative approach to researching Islamic scholarly-based programs, the success of students in learning in a scientifically based Islamic religious education program. Data collection techniques are carried out by interviewing, observing, and documenting studies. Conclusions from this study provide convenience for students to get to know scientific knowledge related to the Qur'an and to know new things in experimenting. So that for those who understand the Qur'an and Hadith have increased their faith in sowing, while experts in meditation (science) increasingly increase their faith when reading the verses of the Qur'an. Evaluation looks at the results of students' abilities. The existence of this program is the ability in learning to show a very good improvement and this school expects that scientific learning based on scientific will increase its faith, but when this program is held not all learning of Islamic religious education produces tafakur or science in accordance with the Qur'an so that SD Elfitra Antapani Bandung is not all scientific science-based Islamic education.

Keywords: Implementation, Learning of Islamic Religious Education, Scientific

 

Abstrak. Proses pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis saintifik memiliki program tertentu sesuai visi dan misi dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam hal ini SD Elfitra mempunyai program yaitu sains project dan diniyah tematik dengan tujuan memberikan wawasan yang lebih luas kepada siswa untuk mempelajari ilmu saintifik yang berkaitan dengan al-Qur’an. Sehingga dapat mengembangkan para siswa lebih kreatif dan efektif. Program pembelajaran saintifik ini pengganti metode sebelumnya yaitu yang hanya menggunakan metode ceramah saja. Program yang diadakan di SD Elfitra Antapani Bandung ini dalam proses pembelajaran mengenai ilmu saintifik yang berkaitan dengan al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Program pembelajaran berbasis saintifik di SD Elfitra Antapani Bandung, (2) Perencanaan berbasis saintifik, (3) Pelaksanaan islam berbasis saintifik di SD Elfitra Antapani Bandung, (4) Evaluasi islam berbasis saintifik di SD Elfitra Antapani Bandung.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk meneliti program islam berbasis saintifik , keberhasilan para siswa dalam pembelajaran dalam program pendidikan agama islam berbasis saintifik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Kesimpulan dari penelitian ini memberikan kemudahan kepada para siswa untuk mengenal  ilmu saintifik yang berkaitan dengan al-Qur’an serta mengetahui hal-hal baru dalam bereksperimen. Sehingga bagi yang memahami al-Qur’an dan Hadist sudah meningkat keyakinannya dalam bertadabur, sedangkan ahli dalam bertafakur (sains) semakin meningkat keimanannya ketika membaca ayat al-Qur’an. Evaluasi melihat dari hasil kemampuan siswa. Adanya program inilah kemampuan dalam pembelajaran sangatlah menunjukan peningkatan yang sangat baik serta sekolah ini mengharapkan adanya pembelajaran islam berbasis saintifik lebih meningkat keimanannya, akan tetapi ketika diadakannya program ini tidak semua pembelajaran pendidikan agama islam menghasilkan tafakur atau ilmu sains yang sesuai dengan al-Qur’an sehingga SD Elfitra Antapani Bandung ini tidak semua ilmu pendidikan agama islam berbasis saintifik.

Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran  Pendidikan Agama Islam, Saintifik.


Keywords


Implementasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Saintifik

Full Text:

PDF

References


Balai Pustaka (1990) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Jakarta

Ismail, Faisal. Paradigma Kebudayaan Islam Studi Kritis dan Refleksi Historis. Jogyakarta : Titian Ilahi Pres

Kurinasih dan Sani. (2014). Sukses Implementasi Kurikulum 2013 Memahami. Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena

Lazim, M. (2013). Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Kurikulum.Jakarta:Kemendikbud

Setiawan, Guntur. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset

Sagala Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. ALFABETA

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11946