Manajemen Program Taklif dalam Pembinaan Karakter Keagamaan Siswa di SMP Hikmah Teladan Bandung

Aprista Nurmalasari, Dedih Surana, Ayi Sobarna

Abstract


Abstract. SMP Hikmah Teladan Bandung makes taklif program management in which there is planning, implementation, evaluation. The purpose  of this research is to know (1) planning of taklif program management in SMP Hikmah Teladan Bandung (2) implementation of taklif program management at SMP Hikmah Teladan Bandung (3) evaluation of taklif program management at SMP Hikmah Teladan Bandung (4) supporting factor and inhibiting the implementation of taklif program management in SMP Hikmah Teladan Bandung.

This research uses descriptive study method  with qualitative approach to examine the management of taklif program in fostering the religious character of students in SMP Hikmah Teladan Bandung. Data sources in this study are to determine the subject and object of research including taklif program management, school principals, wakasek taklif, student affairs vice principal, taklif program activities, and teachers.While the data collection technique is done by interview, observation, and documentation study. Qualitative data analysis is done continuously by the researcher it self until complete so that the data is complete. Activities performed in data analysis are data collection, data reduction, data display, data analysis and conclusion. The conclusion of this research is to know how the planning done by SMP Hikmah Teladan Bandung so that the existence of taklif program management, knowing how the implementation done by SMP Hikmah Teladan Bandung in realizing the activities of taklif program management, knowing how the evaluation done by SMP Hikmah Teladan Bandung in taklif program management, know what are the supporting and inhibiting factors of taklif program management in SMP Hikmah Teladan Bandung. With the existence of taklif program management and activities that exist in the program taklif expected to taklif education is able to provide understanding and education to the students of SMP Hikmah Teladan Bandung in order to become a mukallaf who understand the burden of responsibility as a servant of Allah swt well so have a religious character that can be applied in everyday life. Thus, the management of taklif program in SMP Hikmah Teladan Bandung is able to give a good impact for the sustainability of students education in the future.

Keywords : Management, Program Of Taklif, Fostering The Character Of Religious Students.

 

 

 

Abstrak. SMP Hikmah Teladan Bandung membuat manajemen program taklif yang didalamnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan manajemen program taklif di SMP Hikmah Teladan Bandung (2) pelaksanaan manajemen program taklif di SMP Hikmah Teladan Bandung (3) evaluasi manajemen program taklif di SMP Hikmah Teladan Bandung (4) faktor pendukung dan penghambat terlaksananya manajemen program taklif di SMP Hikmah Teladan Bandung. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk meneliti manajemen program taklif dalam pembinaan karakter keagamaan siswa di SMP Hikmah Teladan Bandung. Sumber data dalam penelitian ini adalah menentukan subjek dan objek penelitian diantaranya manajemen program taklif, kepala sekolah, wakasek taklif, wakasek kesiswaan, kegiatan program taklif, dan guru-guru. adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara terus menerus oleh peneliti itu sendiri sampai tuntas sehingga datanya lengkap. Aktivitas yang dilakukan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perencanaan yang di lakukan oleh SMP Hikmah Teladan Bandung sehingga tercetus adanya manajemen program taklif, mengetahui bagaimana pelaksanaan yang di lakukan oleh SMP Hikmah Teladan Bandung dalam merealisasikan kegiatan dari manajemen program taklif, mengetahui bagaimana evaluasi yang di lakukan oleh SMP Hikmah Teladan Bandung dalam manajemen program taklif, mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen program taklif di SMP Hikmah Teladan Bandung. Dengan adanya manajemen program taklif dan kegiatan yang ada pada program taklif di harapkan pendidikan menuju taklif ini dapat memberikan pemahaman serta pendidikan kepada siswa SMP Hikmah Teladan Bandung agar menjadi seorang mukallaf yang memahami beban tanggungjawab sebagai hamba Allah swt dengan baik sehingga memiliki karakter keagamaan yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu manajemen program taklif di SMP Hikmah Teladan Bandung mampu memberikan dampak yang baik untuk keberlangsungan pendidikan siswa di masa depan.

Kata Kunci : Manajemen, Program Taklif, Pembinaan Karakter Keagamaan Siswa.

Keywords


Manajemen, Program Taklif, Pembinaan Karakter Keagamaan Siswa

Full Text:

PDF

References


Agus Zeanul Fitri. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika disekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto,S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa (Jakarta: Balai Pustaka,1990).

Dr. Zubaedi, M.AG., M.PD. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.

Dr. Marzuki, M.Ag.,2015. Pendidikan Karakter Islam.Jakarta: Paragonatama Jaya.

Mohammad Mustari, Ph.D. (2015). Manajemen Pendidikan. Jakarta :PT Rajagrafindo Persada.

Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo, 2009, Manajemen Pendidikan, Jakarta : Kencana.

Sobarna, A. (2017). Management Character Education in Kindergarten. Indonesia Journal of Early Childhood, 9.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Usman, H. (2002). Manajemen: teori, praktik & riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11906