Implikasi Pendidikan Berdasarkan Hadits Riwayat Bukhari Tentang Ucapan Rasulullah yang Diulangi Sebanyak Tiga Kali Terhadap Penerapan Metode Pembelajaran

Ulfah Urwatul Wutsqo, Enoh Nuroni, U. Saepuddin

Abstract


Abstract. The learning process is needed to provide a good understanding of attitudes and skills. A teacher is required to demonstrate competence in the learning process. As a Muslim educator then it is fitting for teachers to imitate what Rasulullah did in the learning process of his best friend. One example of exemplified Rasulullah is written in Bukhari hadith history that explicitly states that Rasulullah repeated his utterance three times with the aim to provide understanding. From the hadith then what values should be imitated or modeled by teachers? Therefore, the purpose of this study are as follows : To know the history of Bukhari hadith, to know the essence of Bukhari's hadith, to know the opinions of experts or theories about learning methods, to find out educational implication based on Bukhari's hadith of the saying of Rasulullah SAW which is repeated three times against the application of learning method. The method used in this research is descriptive method, by way of reviewing various history hadith, and some supporting books related to the research (literature review). The essence of the hadith of Bukhari's history, namely: Repeating the sentence three times to give an understanding of something explained, Rasulullah gave an effort or effort to his students while preaching, and Rasulullah always prayed (greetings) to the people he came to, even emphasized three time. The results of this study, namely: the teacher must know the students' understanding of something that is taught, the teacher is required to review the lesson three times so that students can understand perfectly, the teacher must find the right and appropriate learning method, the teacher must master the material and learning methods that will be taught, and teachers are required to create enjoyable learning.

Keywords: Education, Repetition, Method.

Abstrak. Proses pembelajaran diperlukan upaya untuk memberikan pemahaman sikap dan keterampilan yang baik. Seorang guru dituntut untuk menunjukkan kompetensinya dalam proses pembelajaran. Sebagai pendidik muslim maka sepatutnya guru mencontoh apa yang dilakukan Rasulullah dalam proses pembelajaran terhadap sahabatnya. Salah satu keteladanan yang dicontohkan Rasulullah yaitu tersurat dalam hadits riwayat Bukhari yang secara tegas menyatakan bahwa Rasulullah mengulangi ucapannya sebanyak tiga kali dengan tujuan untuk memberikan pemahaman. Dari hadits tersebut maka apa saja nilai-nilai yang harus diteladani atau dicontoh guru? Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui syarah hadits, mengetahui esensi hadits, mengetahui pendapat para ahli tentang metode pembelajaran, mengetahui implikasi pendidikan berdasarkan hadits riwayat Bukhari tentang ucapan Rasulullah SAW yang diulangi sebanyak tiga kali terhadap penerapan metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan cara mengkaji berbagai syarah hadits, dan beberapa buku pendukung yang berkaitan dengan penelitian tersebut (kajian pustaka). Esensi dari hadits riwayat Bukhari, yaitu : Pengucapan kalimat diulangi sebanyak tiga kali untuk memberi pemahaman sesuatu yang dijelaskan, Rasulullah memberikan upaya atau usaha kepada muridnya ketika sedang berdakwah, dan Rasulullah senantiasa berdo’a (salam) untuk kaum yang didatanginya, bahkan dipertegas sebanyak tiga kali. Hasil dari penelitian ini, yaitu : guru harus mengetahui pemahaman peserta didik terhadap sesuatu yang di ajarkan, guru dituntut untuk mengkaji ulang pelajaran sebanyak tiga kali agar peserta didik dapat memahami dengan sempurna, guru harus menemukan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, guru harus menguasai materi dan metode pembelajaran yang akan di ajarkan, dan guru dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Kata Kunci: Pendidikan, Pengulangan, Metode.

Keywords


Pendidikan, Pengulangan, Metode

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, Sobry. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. (2011). Metode Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tambak, Syahraini. (2014). 6 Metode Komunikatif Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11901