Studi Korelasi Antara Pengetahuan Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlakul Karimah Pada Siswa Kelas XI di SMK Unggulan Terpadu PGII Bandung

Endah Julianti, Ikin Asikin, A. Mujahid Rasyid

Abstract


Abstract. Education and morals in Islam are two things that cannot be separated because both mutually supportive. The noble character that is the main goal of the process of Islamic religious education, morality is also very important in human life, especially for today's life is much influenced by technological advances that bring impacts contrary to the values of religious teachings, thus the present generation is easily influenced by the things negative, but if the generation can know and understand the values of Islamic religion and can be applied in everyday life, then it can be a fortress that can maintain from deviant mistakes and also can form a noble character. The approach used in this research is quantitative approach with product moment correlation method is to find correlation of two or more variables. Result of research indicate that there is positive correlation between knowledge of PAI with akhlakul karimah learners, as evidenced from result of data processing and data analysis, value obtained equal to 0.6027 after consulted with table significant level 0.6027 rt at significant level of 0.05 is 0.2521 and at level significant 0.01 is 0.3274 thus rarithmetic always bigger than rt, it is concluded that there is enough positive correlation between knowledge of education of Islam with akhlakul karimah.

Keywords: Knowledge, Islamic Religious Education, Akhlakul Karimah

 

Abstrak. Pendidikan dan akhlak dalam agama Islam merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena keduannya saling mendukung. Akhlak mulia yang merupakan tujuan utama dari proses pendidikan agama Islam, akhlak juga sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama untuk kehidupan zaman sekarang banyak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang membawa dampak bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama, dengan demikian generasi sekarang mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif, namun apabila generasi dapat mengetahui dan memahami nilai-nilai agama Islam serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka hal tersebut dapat menjadi benteng yang dapat memelihara dari kekeliruan yang menyimpang dan juga dapat membentuk akhlak yang mulia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment yaitu mencari korelasi dari dua variabel atau lebih. Hasil penelitan menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara pengetahuan PAI dengan akhlakul karimah peserta didik, yang dibuktikan dari hasil pengolahan data dan analisis data, nilai yang didapatkan sebesar 0.6027 setelah dikonsultasikan dengan tabel taraf signifikan 0.6027 rt pada taraf signifikan 0.05 adalah 0.2521 dan pada taraf signifikan 0.01 adalah 0.3274 dengan demikian rhitung selalu lebih besar dari rt, disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang cukup antara pengetahuan pendidikan agama Islam dengan akhlakul karimah.

Kata Kunci: Pengetahuan, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah.

Keywords


Pengetahuan, Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah

Full Text:

PDF

References


Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks.

Bakhtiar, Amsal. (2004). Filsafat Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daradjat, Zakiah. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Department Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kementrian Agama. (2014). Buku Guru: Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah, Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2014), Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nata, Abuddin. (2009). AKHLAK TASAWUF. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pamungkas, M. Imam. (2012). Akhlak Muslim Modern: Membangun Karakter Generasi Muda. Bandung: Marja.

Susanto, A. (2013). Filsafat Ilmu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11736