Upaya Guru Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII Fullday Di SMP Al Falah Dago

Nida Aya Sophia, Enoh Nuroni, M. Imam Pamungkas

Abstract


Abstract. The student's ability in reading Qur'an is very important to study the Islamic religion, especially in schools. Therefore, managers need to be aware of it. This study aims to determine the efforts of teachers in learning read and write Al-Qur’an to improve learning achievement of islamic education in the students of class VIII Full day in SMP Al Falah Dago. The approach used in this research is combination approach (mix methods) with concurent triangulation design. With a population of 62 respondents. Data collection techniques used in the form of interviews, observation, and study documentation. In analyzing the data used program IBM SPSS 21.0. Based on the qualitative results that the efforts of read and write Al-Qur’an teachers have something to do with read and write Al-Qur’an's learning achievement. Hypothesis testing of this research using simple linear regression. The results of hypothesis testing show that: Achievement learn read and write Al-Qur’an class VIII Full day in category "enough", that interval 75-83. The average learning achievement of read and write Al-Qur’an is 82. The achievement of learning islamic education class VIII Full Day category "enough", that is at interval 75-83. The average of islamic education learning achievement is 81. It is proved by the result of t test obtained t value = 15.386, while bigger than t table = 2.0002 at significance level 0.000, or smaller than 0.05 so Ho is rejected. It also obtained regression equation Y = 37.618 + 0,529X. It can be proved that the value of regression coefficient of variables read and write Al-Qur’an learning achievement (X) is equal to 0,529 + positive value, so it can be said that the achievement of learning read and write Al-Qur’an have a positive effect on learning achievement islamic education (Y). Positive influence is interpreted, that the increasing learning achievement read and write Al-Qur’an (X) will also increase learning achievement islamic education (Y).

Keywords:  Teacher's Effort, BTAQ Achievement, Achievement of PAI

Abstrak. Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an sangat penting untuk mempelajari agama Islam khususnya di sekolah. Oleh karena itu, pengelola perlu menyadari hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pembelajaran BTAQ untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas VIII Full day di SMP Al Falah Dago. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kombinasi (mix methods) dengan desain concurent triangulation. Dengan populasi berjumlah 62 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan program IBM SPSS 21.0. Berdasarkan hasil kualitatif bahwa upaya guru BTAQ ada hubungannya dengan  prestasi belajar BTAQ. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Prestasi belajar BTAQ kelas VIII Full day dalam kategori “cukup”, yaitu interval 75-83. Rata-rata prestasi belajar BTAQ adalah 82. Prestasi belajar PAI kelas VIII Full Day kategori “cukup”, yaitu pada interval 75-83. Rata-rata prestasi belajar PAI adalah 81. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung = 15.386, sedangkan yang lebih besar dari t tabel = 2.0002 pada taraf signifikansi sebesar 0,000, atau lebih kecil dibanding 0,05 sehingga Ho ditolak. Selain itu juga diperoleh persamaan regesi Y = 37.618 + 0,529X. Hal ini dapat dibuktikan bahwa nilai koefisien regresi variabel Prestasi belajar BTAQ (X) adalah sebesar 0,529 bernilai positif +, sehingga dapat dikatakan bahwa Prestasi belajar BTAQ berpengaruh positif terhadap Prestasi belajar PAI (Y). Pengaruh positif diartikan, bahwa semakin meningkat Prestasi belajar BTAQ (X) maka akan meningkat pula Prestasi belajar PAI (Y).

Kata Kunci          : Upaya Guru, Prestasi BTAQ, Prestasi PAI


Keywords


Upaya Guru, Prestasi BTAQ, Prestasi PAI

Full Text:

PDF

References


Ahmad Maftukhim. (2015). Hubungan Antara Hasil Belajar Baca Tulis Al-Qur’an (Bta) Dengan Hasil Belajar Pai Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Nurul Islam Krapyak Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: (Skripsi) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. http://eprints.walisongo.ac.id/4656/ (diakses pada tanggal 5 Oktober pukul 16.30 pm).

Alfiandani, Egi (2015). Proses Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Keagamaan (Studi Deskriptif di SMP Al Falah Dago Kota Bandung). (Skripsi) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan STAI Siliwangi Bandung: tidak di terbitkan.

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burhanuddin, Iqbal (2015). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Quran Pada Mata pelajaran Al Quran Hadits di Madrasah Aliah Al Jawami Cileunyi Bandung. (Skripsi) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan STAI Siliwangi Bandung: tidak di terbitkan.

Darajat, Z. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

LSI. (2008). Tafsir Juz'Amma Universitas Islam Bandung. Bandung: LSI UNISBA.

M. Imam Pamungkas, et al (2017) “Pengalaman Belajar Anak Usia 5-6 Tahun dalam Aspek Kecerdasan Spiritual di TK Salman Al-Farisi Bandung”. Jurnal FamilyEdu. Volume III (1), 13.

RI, D. A. (2005). AL-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

. (2008). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.