Pengelolaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy di SDIT Al-Amanah Lembang

Yuliana Siti Julaeha, Dedih Surana

Abstract


Abstract. Ability in reading the Qur'an is an important part of Islamic education. Success in learning the Qur'an need to pay attention to the measures that had already been composed through specific methods and techniques, so that the achievement of the desired goals. SDIT Al-Aamanah the Valley using the method of Al-Barqy with the aim of facilitate the learning of students in reading the Qur'an. The purpose of this research is to know the management study read the Qur'an through the method of Al-Barqy in the form of implementation, planning, evaluation and factor endowments and restricting factors. This research uses descriptive methods of analysis with qualitative approach, then the data collection used is with interviews, observation and study of documentation. The results of this study suggest that (1) the planning of learning to read the Qur'an through the method of Al-Barqy is equipped with the selection of competent teachers in teaching reading methods, Al-Barqy, syllabus and RPP (2) implementation of learning to read The Qur'an through the method of Al-Barqy held every Monday, Wednesday and Thursday at 13:00-14:10 PM GMT (3) Evaluation assessment is conducted before and after using the method of Al-Barqy, a daily valuation, the valuation and assessment of UAS UTS (4) Factors supporting Al-Barqy methods such as teachers should understand the teachings of Al-Barqy, the media used and the presence of students while the penghambatnya factor is the different learning conditions.

Keywords : Management, learning to reading, method of Al-Baqry

 

Abstrak. Kemampuan dalam membaca Al-Qur’an merupakan bagian yang penting dalam pendidikan islam. Keberhasilan dalam pembelajaran Al-Qur’an perlu memperhatikan langkah-langkah yang sudah tersusun melalui metode dan teknik tertentu, sehingga tercapainya tujuan yang diinginkan. SDIT Al-Aamanah Lembang menggunakan metode Al-Barqy  dengan tujuan memudahkan siswa dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy dalam bentuk pelaksanaan, perencanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif maka pengumpulan data yang digunakan ialah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy dilengkapi dengan pemilihan guru yang kompeten dalam mengajar membaca metode Al-Barqy,silabus dan RPP (2) Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Barqy dilaksanakan setiap hari senin,rabu dan kamis pada pukul 13.00-14.10 WIB (3) Evaluasi yang dilakukan adalah penilaian sebelum dan sesudah menggunakan metode Al-Barqy, penilaian harian, penilaian UTS dan penilaian UAS (4) Faktor pendukung metode Al-Barqy diantaranya adalah guru harus memahami pengajaran Al-Barqy, media yang digunakan serta kehadiran siswa sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi belajar anak yang berbeda-beda.   

Kata Kunci : Pengelolaan, pembelajaran membaca, metode Al-Barqy.


Keywords


Pengelolaan, pembelajaran membaca, metode Al-Barqy

Full Text:

PDF

References


Alhamuddin, F. F. R. S. H., Tandika, D., & Adwiyah, R. (2018). Developing Al-Quran Instruction Model Through 3a (Ajari Aku Al-Quran Or Please Teach Me Al-Quran) To Improve Students’ability In Reading Al-Quran At Bandung Islamic University. Universitas, 10(2), 95-100.

Alhamuddin, A., & Bukhori, B. (2016). The Effect of Multiple Intelligence-Based Instruction on Critical Thinking of Full Day Islamic Elementary Schools Students. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 21(1), 31-40.

Alhamuddin, A. (2017). Studi perbandingan kurikulum pendidikan dasar negara Federasi Rusia dan Indonesia. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(2), 123-141.

Hadi,N.(2014). Juz ‘Amma Cara Mudah Membaca dan Memahami

Al-Qur’an Juz ke-30. Jakarta: Erlangga

Uno, H. B. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Majid,A, M.Pd.(2012). Strategi Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja

Rosdakarya

Khon, A.M.(2013). Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Al-Qur’an

Qira’at Ashim Dari Hafash. Cet.2. Jakarta: Amzah

Choer,A. (2014). Perkenalan Awal Dengan Al-Qur’an. Jakarta: PT Rineka Cipta.Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11691