Analisis Deskriptif Manajemen Sekolah Pra-Nikah di Masjid Salman ITB

Jatimurti Jatimurti

Abstract


Abstract. The title of this research is "Descriptive Analysis Of “Pre-Marriage School†Management At Salman Mosque ITB". The purpose of this study is to obtain a description of the management of Pre-Marriage School in Salman Mosque ITB, which consist of four aspects: planning, organizing, implementation, and supervision To fulfill the objective, the researcher designs the research by using qualitative method: interview, observation and documentation to Staff and the “Pre-Marriage School†facilitator at Salman Mosque ITB. The theoretical basis used is Management Theory, and outside school education especially related Pre-Marriage School. Through data processing, it can be concluded that the management of Salman ITB Pre-Marriage School has been running. This can be seen from aspects of planning, organizing, implementation, and supervision that have been going well. However, the authors propose further research for more in-depth observations and interviews to obtain more in-depth data on Pre-Marriage Schools that can support the research objectives. And for the management of Pre-Marriage School, it should maintain an effective management pattern, in terms of planning and organizing.

Keywords: Management, Marriage, Education, Family, Pre-Marriage School

 

Abstrak. Judul Penelitian ini adalah “Analisis deskriptif manajemen sekolah pra-nikah di masjid salman itbâ€. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pengelolaan Sekolah Pra-Nikah di Masjid Salman ITB yang terdiri dari empat aspek: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk memenuhi tujuan tersebut peneliti merancang penelitian dengan menggunakan metode kualitatif: wawancara, observasi dan dokumentasi kepada Staf dan para pemateri Sekolah Pra-Nikah di Masjid Salman ITB. Dasar teori yang digunakan adalah Teori Manajemen dan pendidikan luar sekolah khususnya terkait Sekolah Pra-Nikah.Melalui pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa pengelolaan Sekolah Pra-Nikah Masjid Salman ITB sudah berjalan. Hal ini terlihat dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang sudah berlangsung dengan baik. Namun demikian, Penulis mengajukan saran untuk penelitian selanjutnya agar melakukan observasi dan wawancara lebih mendalam untuk memperoleh data yang lebih mendalam terkait Sekolah Pra-Nikah yang dapat menunjang tujuan penelitian. Dan untuk Pihak manajemen Sekolah Pra-Nikah hendaknya mempertahankan pola pengelolaan yang sudah efektif, yaitu dari segi perencanaan dan pengorganisasian.

Kata kunci: Manajemen, Pernikahan, Pendidikan, Keluarga, Sekolah Pra-Nikah


Keywords


Manajemen, Pernikahan, Pendidikan, Keluarga, Sekolah Pra-Nikah

Full Text:

PDF

References


Alhamuddin, A. (2016). Desain Pembelajaran untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar.AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman,2(2), 180-201.

Departement Agama RI, (2001) Pedoman Konselor Keluarga Sakinah, Jakarta; Depertemen Agama RI.

Depdikbud, (2005) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta; Balai Pustaka.

Dimas, dkk. (2010). Dasar-dasar Manajemen Actuating. Bandung; Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Husain Bahreis, Hadist Shahih Al-Jami’us Shahih Bukhori Muslim, Surabaya; Karya Utama.

Karmisa, Kartika. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya.

Komariah, Aan.dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lexy J Moleong, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Noeng Muhadjir, (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta; Rake Sarasin.

Patilima, H. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung; Alfabeta.

Rahman, dkk. 2011. Actuating dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Lampung; Universitas Negeri Lampung.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2016), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung; Alfabeta.

Tim Penyusun BPPS Fakultas Tarbiyah, (2004), Pedoman Penulisan Skripsi, Surabaya ;IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Tohari M, (1992), Dasar-Dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islam, Yogyakarta; UII Press.

Triwiyanto, (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara.

Yatim R, (2007), Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif ,Surabaya; UNESA University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10135