PEMANFAATAN DATA SUHU PERMUKAAN LAUT CITRA PENGINDRAAN JAUH MODIS TERRA/AQUA UNTUK IDENTIFIKASI WILAYAH BERPOTENSI IKAN

Andri Kurniawan, Yurika Permanasari, Icih Sukarsih

Abstract


Abstrak. Indonesia merupakan negara bahari dan kepulauan terbesar di dunia.. Lebih dari 7000 kampung pesisir di Indonesia menggantungkan hidupnya pada sumberdaya hayati laut termasuk ikan. Habitat dari komunitas ikan sangat dipengaruhi oleh kondisi oseanografi perairan seperti suhu permukaan laut, salinitas, konsentrasi klorofil laut, cuaca dan sebagainya, yang berpengaruh pada dinamika atau pergerakan air laut baik secara horizontal maupun vertikal. SPL (Suhu Permukaan Laut) sebagai salah satu parameter oseanografi merupakan hasil dari data citra yang diperoleh dari teknologi indraja menggunakan sensor satelit MODIS (Moderate Resolustion Imaging Sprectoradiometer) Terra/Aqua menggunakan software Mrt Swath dan GrADS untuk menentukan daerah potensial ikan. Secara Matematika Data diolah menggunakan rumus yang diturunkan dari Algorithm Theoretical Basis Documents (ATBD) melauli perhitungan manual ataupun software sehingga mendapatkan nilai dari suhu permukaan laut yang dapat digunakan untuk mengetahui daerah potensial ikan pelagis di perairan Indonesia. Salah satunya ikan tongkol yang sering ditemukan di wilayah perairan Indonesia, karena berada di kisaran suhu 24-310 Celcius yang merupakan rata–rata SPL Indonesia.


Keywords


Citra MODIS, Daerah Potensial Ikan, Suhu Permukaan Laut

References


Atmadja, S.B., D. Nugroho, Suwarso, T. Hariati, dan Mahisworo. 2003. Pengkajian Stok Ikan di WPP Laut Jawa. Prosiding Forum Pengkajian Stok Ikan Laut 2003. Pusat Riset Perikanan Tangkap. Badan Riset Kelautan dan Perikanan. Departemen Kelautan dan Perikanan

Lillesand, T.M dan R.W. Kiefer, Remote Sensing and Image Interpretation, (New York: John Wiley&Sons Inc.,1979)

Limbong, Mario (2009). Pengaruhu Suhu Permukaan Laut Terhadap Jumlah Dan Ukuran Hasil Tangkapan Ikan

Simonett, D.S, Este, dkk. 1983. The development and Principles of Remote sensing In : Gastellu and Etcheorry, Remote Sensing With SPOT, An Assessment of SPOT Capability in Indonesia. Gadjah Mada university Press. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.656

Flag Counter    Â