Simulasi Pengaturan Lampu Lalu Lintas Menggunakan Fuzzy Inference System Metode Mamdani pada MATLAB

Muhammad Randhy Fadhillah, Icih Sukarsih, Erwin Harahap

Abstract


Sistem pengaturan lampu lalu lintas yang buruk sudah menjadi permasalahan yang umum di Indonesia yang mengakibatkan terjadinya kemacetan terutama di kawasan padat penduduk. Pada dasarnya sistem pengaturan lampu lalu lintas hanya melakukan pengaturan berdasarkan waktu yang tetap tetapi pada kenyataanya kepadatan kendaraan di suatu persimpangan tidak sesuai dengan waktu yang diberikan sehingga tingkat kepadatan akan semakin meningkat. Salah satu cara yang bisa memecahkan  permasalah untuk mengurangi kepadatan kendaraan yaitu dengan membuat sistem pengontrolan lampu lalu lintas yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model lamanya waktu lampu hijau menggunakan Fuzzy Inference System dengan menggunakan metode Mamdani. Variabel input yang digunakan pada penelitian adalah rata-rata volume kepadatan jalur hijau dan rata-rata volume kepadatan jalur merah. Untuk perhitungan data Fuzzy Inference System dengan metode Mamdani menggunakan toolbox yang ada di Software MATLAB melalui tahapan pembentukan himpunan fuzzy, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan, dan penegasan. Kesimpulan dari permasalahan ini adalah sistem lampu lalu lintas dengan menggunakan logika fuzzy lebih optimal dibandingkan dengan sistem konvensional(waktu yang tetap), dikarenakan sistem lalu lintas dengan menggunakan logika fuzzy dapat menyesuaikan dengan kepadatan yang sedang terjadi pada suatu persimpangan jalan.

 

The bad traffic light control system has been a common matter in Indonesia which cause the traffic jam especially for the downtown area. Basically, the traffic light control system is only set by a static time. Unfortunetely, in fact the amount of vehicle crowd in an intersection is inappropriate with the static time which has made a bad impact, i.e. the increase of the amount of vehicle. One of the solution to decrease the amount of vehicle crowd is creating the optimization of the traffic light control system. The aim of this research is to make a prototype model which can control the duration of the green-light-time using fuzzy inference system with Mamdani method. The input variable of this research is the average of green track crowd volume and the average of red track crowd volume. The calculation process is using fuzzy inference system with Mamdani method wich is provided by MATLAB’s toolbox through a several process such us fuzzy set forming, application of implication function, composition rule, and defuzzification. The conclusion is the traffic light control system which is using fuzzy logic is more optimized than the conventional one (static time). The traffic light control system which using fuzzy logic can adaptively set the time with considerate the amount of vehicle that occurs in the intersection.


Keywords


Traffic Light, Fuzzy Logic, Fuzzy Inference System, Mamdani.

References


H. Hisyam, “Penerapan ATCS (Area Traffic Control System) Sebagai Alternatif Solusi Masalah Transportasi Perkotaan,” Sabtu Mei 2009. [Online].Available: helmyhisyam.blogspot.co.id/2009/05/penerapan-atcs-area-traffic-control.html?m=1. [Diakses Minggu Juni 2016].

Adhitya Yoga Yudanto, Marvin Apriyadi, Kevin Sanjaya, “Optimalisasi Lampu Lalu Lintas dengan Fuzzy Logic,” 2013.

Heri Prasetyo, Utis Sutisna, “Implementasi Algoritma Logika Fuzzy Untuk Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Menggunakan Mikrokontroler,” vol. 15, 2014.

S. Kusumadewi, Artificial Intelligence, Jogjakarta: Graha Ilmu, 2003.




Flag Counter