Pewarnaan Titik pada Graf Menggunakan Algoritma Baris dan Implementasinya dalam Matlab

Susi Meilani, Yurika Permanasari, Icih Sukarsih

Abstract


Pewarnaan titik menggunakan Algoritma Baris menghasilkan bilangan khromatik  yang menyatakan jumlah warna minimum untuk suatu graf. Dan penggunaan Algoritma Baris pada graf yang mempunyai sisi ganda dan sisi gelang tidak mempengaruhi proses pewarnaan, karena untuk pewarnaan titik pada suatu graf yang dilihat adalah ketetanggaan dari setiap titik bukan berdasarkan derajat verteks. Implementasi Algoritma Baris dengan menggunakan perogram MATLAB R2008a mempermudah proses pewarnaan pada suatu graf karena untuk kasus graf dengan jumlah verteks yang besar akan sulit jika dikerjakan secara manual. Program Algoritma Baris ini cukup sederhana dalam penggunaannya, untuk melakukan proses pewarnaan cukup dengan memasukan jumlah verteks dan jumlah edge dari suatu graf.

 

Colouring a point using line algorithm results in chromatic numbers which stated  the minimum number of colour for a graph. And the use of line algorithm onto graphs which have double sides and circle side do not affect colouring process because the things seen are not based on vertical degree but propinquity from every point. The implemtation of line algorithm using MATLAB program R2008a facilitates colouring process on graphs because in the graph case whose vertical numbers are big will be difficult when it is done manually. Line algorithm program is easy to use by putting the vertical numbers and edge numbers into the graphs.


Keywords


Line algorithm, Colouring a point, Chromatic numbers.

References


Arhami, M. dan Desiani, A. (2005).Pemrograman Matlab.Yogyakarta : Andi

Lipschutz, Seymour; Lipson, Marc Lars, 2002, Matematika Diskrit jilid 2 Seri Penyelesaian Soal Schaum, Salemba Teknika, Jakarta.

Munir, Rinaldi., 2005, Matematika Diskrit edisi Ketiga, Informatika Bandung, Bandung.

Noor, Rahmat Januar, Hasmawati dan Hendra., 2013, Implementasi Algoritma Baris dalam Pewarnaan Titik pada Graf Sederhana, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Hasanudin, Makasar.

Wilson, Robin J; Watkins, John J., 1989, Graphs An Introductory Approach: a first course in discrete mathematics.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2712

Flag Counter    Â