Komunikasi Pemasaran Program Mirai+ Bank BNP dalam Meningkatkan Jumlah Kreditor

Silvia Yuniarly Ulfa

Abstract


Abstract. This research explains about marketing communication personal selling program Mirai + Bank BNP in increasing number of creditors. Mirai + program is a new program from BNP bank which is a loan program without collateral. Although the program is new but there are many who are interested in becoming a creditor in this Mirai+ program. This research uses qualitative research type with case study approach. This research uses dramaturgy theory where the theory of dramaturgy is a theory that has 2 aspects: front stage and back stage. This study describes the communication of personal selling marketing, where personal selling serve as effective marketing communication. Researchers examine the aspects of personal selling conducted by Bank BNP, how personal selling done by Bank BNP. Research conducted at the office of PT. Bank Nusantara Parahyangan has been running well. With this research personal selling done at PT. Bank Nusantara Parahyangan can be found that the process performed on the company has been running as it should in accordance with the operational standards of workers (SOPs) that exist. Can be seen with the increased sales of this Mirai + program in Bandung.

Keywords: Marketing Communication, Personal Selling, Dramaturgy, Mirai+ Bank BNP


Abstrak. Penelitian ini menjelaskan mengenai komunikasi pemasaran personal selling program Mirai+ Bank BNP dalam meningkatkan jumlah kreditor. Program Mirai+ adalah program baru dari bank BNP yang merupakan program peminjaman tanpa agunan. Meskipun program tersebut masih baru tetapi banyak sekali yang berminat untuk menjadi kreditor di program Mirai+ ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi dimana teori dramaturgi merupakan teori yang memilii 2 aspek yaitu front stage dan back stage. Penelitian ini menjelaskan mengenai komunikasi pemasaran personal selling, dimana personal selling dijadikan sebagai komunikasi pemasaran yang efektif. Peneliti meneliti dari aspek personal selling yang dilakukan oleh Bank BNP, bagaimana personal selling yang dilakukan oleh Bank BNP. Penelitian yang dilakukan pada kantor PT. Bank Nusantara Parahyangan telah berjalan dengan baik. Dengan adanya penelitian ini personal selling yang dilakukan pada PT. Bank Nusantara Parahyangan dapat ditemukan bahwa proses yang dilakukan pada perusahaan tersebut sudah berjalan dengan sebagaimana mestinya sesuai dengan standar operasional pekerja (SOP) yang ada. Dapat dilihat dengan meningkatnya penjualan program Mirai+ ini di Kota Bandung.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Personal Selling, Dramaturgi, Mirai+ Bank BNP


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Personal Selling, Dramaturgi, Mirai+ Bank BNP

Full Text:

PDF

References


Buku:

Kotler dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta:Erlangga

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta:ANDI

Djaslim, Saladin dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Cetakan Kedua. Bandung: Linda Karya.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Artikel:

Rosyad, Udung Noor. 2010. “Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan Pangsa Pasar.†dalam MIMBAR, Vol. XXVII, No. 2 (Desember 2011): 213-224.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9893

Flag Counter   Â