Penerapan Promosi dalam Memasarkan Wisata Baduy
Abstract
Keywords: Implementation of promotion, Market, Baduy Tour
Â
Abstrak. Penelitian ini berjudul “Penerapan Promosi dalam Memasarkan Wisata Baduyâ€. Dalam memasarkan produk jasa wisata Baduy, Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak melakukan kegiatan marketing mix dan bauran promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program marketing mix dalam memasarkan wisata Baduy, untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran promosi dalam memasarkan wisata Baduy, dan untuk mengetahui mengapa menggunakan media sosial dalam memasarkan wisata Baduy. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan data. Dan hasil penelitian ini yaitu lingkungan fisik pada Wisata Baduy terdapat kondisi sekitar yang terdiri dari musik yang berasal dari kebiasaan warga Baduy yang memainkan Angklung Buhun, pengelolaan sampah agar tidak menghasilkan bau tak sedap, warna dari wisata Baduy yang tak dapat di ubah karena terbentur adat. tata letak dan funsionalitas yang di kelola oleh Dinas Pariwisata Baduy hanya sebatas dari luar wisata Baduy saja, kemudian pemberian tanda agar mempermudah wisatawan memahami aturan dan petunjuk di wisata Baduy. untuk penerapan promosi, Dinas Pariwisata Kanupaten Lebak menggunakan 5 bentuk, yaitu periklanan advertorial melalui koran dan tv, leaflet, spanduk, publisitas, dan events. Media sosial memiliki keuntungan, jangkauan yang luas, menjadi sarana publisitas, mengurangi biaya promosi, meminimalisir tenaga dan mudah digunakn juga diakses. Penggunaan media sosial lebih efektif dan efisien karena Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak tidak punya anggaran lebih untuk promosi dengan menggunakan media berskala nasional dan melihat fenoma penggunaan media sosial yang sudah mejadi konsumsi publik karena penggunaannya yang mudah dan menjangkau cakupan luas, bahkan sampai keseluruh dunia.
Kata kunci : Penerapan promosi, Memasarkan, Wisata Baduy
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Iriantara, Yosal dan Surachman, Yani. 2006. PR Writing Pendekatan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa. Jilid 2. Edisi Ketujuh. Terjemahan Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jakarta: Erlangga
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Simamora, Bilson. 2008. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Artikel:
Ratnasari, Hamdan dan Sofyan. 2016.â€Promosi Bisnis dalam Membangun Hubungan dengan Konsumenâ€, dalam prosiding SnaPP2016 Sosial, Ekonomi dan Humaniora 2472.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9729
  Â