Penerapan Promosi dalam Memasarkan Wisata Baduy

Nisa Kania, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. This research entitled "Implementation of Promotion in Marketing of Baduy Tourism". In marketing products Baduy tourism services, Tourism Office Lebak District marketing mix activities and promotion mix. The purpose of this study is to find out how the marketing mix program in marketing Baduy tourism, to find out how the application of promotion mix in marketing Baduy tourism, and to know why using social media in marketing Baduy tourism. The methodology used in this research is qualitative research method with case study approach. Data collection techniques are by using interviews, observation, literature study and documents. Data analysis is done through the stages of data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The data validity check is done by triangulation of source and data. And the result of this research is the physical environment at Baduy Tour there are condition around which consist of music that comes from habit of Baduy people who play Angklung Buhun, waste management not to produce odor, color from Baduy tourism that can not be changed because of knocking custom. layout and funsionalitas which is managed by Baduy Tourism Agency only limited from outside the tourism Baduy only, then giving a sign to make it easier for tourists to understand the rules and directions in Baduy tourism. for the implementation of promotion, Tourism Office of Lebak District uses 5 forms, namely advertising advertorial through newspapers and tv, leaflets, banners, publicity, and events. Social media has the advantage, wide reach, become a means of publicity, reduce promotional costs, minimize power and easy digunakn also accessed. The use of social media is more effective and efficient because the Lebak Regency Tourism Office has no more budget for promotion by using national media and see the phenoma of social media usage that has become public consumption because of its easy use and reach wide scope, even to the whole world.

Keywords: Implementation of promotion, Market, Baduy Tour

 

Abstrak. Penelitian ini berjudul “Penerapan Promosi dalam Memasarkan Wisata Baduyâ€. Dalam memasarkan produk jasa wisata Baduy, Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak melakukan kegiatan marketing mix dan bauran promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program marketing mix dalam memasarkan wisata Baduy, untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran promosi dalam memasarkan wisata Baduy, dan untuk mengetahui mengapa menggunakan media sosial dalam memasarkan wisata Baduy. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan data. Dan hasil penelitian ini yaitu lingkungan fisik pada Wisata Baduy terdapat kondisi sekitar yang terdiri dari musik yang berasal dari kebiasaan warga Baduy yang memainkan Angklung Buhun, pengelolaan sampah agar tidak menghasilkan bau tak sedap, warna dari wisata Baduy yang tak dapat di ubah karena terbentur adat. tata letak dan funsionalitas yang di kelola oleh Dinas Pariwisata Baduy hanya sebatas dari luar wisata Baduy saja, kemudian pemberian tanda agar mempermudah wisatawan memahami aturan dan petunjuk di wisata Baduy. untuk penerapan promosi, Dinas Pariwisata Kanupaten Lebak menggunakan 5 bentuk, yaitu periklanan advertorial melalui koran dan tv, leaflet, spanduk, publisitas, dan events. Media sosial memiliki keuntungan, jangkauan yang luas, menjadi sarana publisitas, mengurangi biaya promosi, meminimalisir tenaga dan mudah digunakn juga diakses. Penggunaan media sosial lebih efektif dan efisien karena Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak tidak punya anggaran lebih untuk promosi dengan menggunakan media berskala nasional dan melihat fenoma penggunaan media sosial yang sudah mejadi konsumsi publik karena penggunaannya yang mudah dan menjangkau cakupan luas, bahkan sampai keseluruh dunia.

Kata kunci : Penerapan promosi, Memasarkan, Wisata Baduy

 


Keywords


Penerapan promosi, Memasarkan, Wisata Baduy

Full Text:

PDF

References


Iriantara, Yosal dan Surachman, Yani. 2006. PR Writing Pendekatan Teoritis dan Praktis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry. 2010. Pemasaran Jasa. Jilid 2. Edisi Ketujuh. Terjemahan Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Simamora, Bilson. 2008. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Artikel:

Ratnasari, Hamdan dan Sofyan. 2016.â€Promosi Bisnis dalam Membangun Hubungan dengan Konsumenâ€, dalam prosiding SnaPP2016 Sosial, Ekonomi dan Humaniora 2472.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9729

Flag Counter   Â