Komunikasi Terapeutik Bidan dengan Pasien

allan sukmanda, Anne Maryani

Abstract


Komunikasi yang dilakukan bidan dengan pasien bukanlah komunikasi sosial biasa melainkan komunikasi yang bersifat terapi. Komunikasi terapeutik sebagai bentuk kemampuan perawat dalam membantu pasien beradaptasi terhadap stress karena komunikasi terapeutik merupakan hubungan interpersonal antara perawat dengan pasien dalam rangka memperbaiki pengalaman emosi pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang menjadi dasar gaya komunikasi terapeutik dilakukan bidan kepada pasien di klinik UMMI Mandiri Bengkulu.Untuk mengetahui gaya komunikasi terapeutik yang dilakukan bidan kepada pasien di klinik UMMI Mandiri Bengkulu. Untuk mengetahui feedback terhadap gaya komunikasi terapeutik yang dilakukan bidan kepada pasien di klinik UMMI Mandiri Bengkulu. Metode dalam penelitian ini memakai kualitatif dengan pendekatan studi kasus Robert K. Yin. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara sebagai data primer dan observasi serta studi kepustakaan sebagai data sekunder. Key informan penelitian yaitu Hadara SKM.,MM. Selvi Angraeni Am., Citra Tia Yudia Am., Riri Damayanti. Kesimpulan dari faktor yang menjadi dasar gaya komunikasi terapeutik dilakukan bidan kepada pasien untuk membangun motivasi kepada pasien dalam membantu pasien beradaptasi terhadap stress, mengatasi gangguan patologis dan belajar berhubungan dengan bidan, sehingga hubungan interpersonal antara bidan dengan pasien berjalan dengan baik. Gaya komunikasi terapeutik dilakukan bidan kepada pasien untuk memberikan semangat kepada pasien agar sembuh. Feedback pasien kepada bidan yang menggunakan gaya komunikasi terapeutik baik karena pasien diperlakukan dengan baik oleh bidannya. Pasien diberi leluasa untuk melakukan konsultasi mengenai masalah kondisi kesehatannya dan pasien di berikan pengetahuan mengenai masalah kesehatannya.

Keywords


Komunikasi Terapeutik,Bidan dengan Pasien,Klinik ummi mandiri

References


Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Cresswell, 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

DeVito, Joseph A. 2007. Komunikasi Antarmanusia (Alih Bahasa : Agus Maulana). Jakarta: Professional Books

Effendy, Onong Uchjana.2003. “Ilmu Komunikasi Teori dan Praktekâ€, Remaja. Rosdakarya, Bandung.

Liliweri, Alo. 2006. Makna Budaya dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogjakarta: Lkis Yogjakarta.

Meleong, Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2006. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratikto, Riyono.2005. Berbagai Aspek Strategi Public Relations. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, Heri. 2007. Komunikasi untuk Perawat. Jakarta : EGC

Rawlins, Ruth Parmelee. 2008. Clinical Manual of Psychiatric Nursing. St.Louis Missouri : 2nd ed. Mosby-Yearz




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.966

Flag Counter   Â