Komuikasi Persuasi pada Program Kemitraan PT Len Industri (Persero)
Abstract
Keywords: Persuasion Communication, Message, Communication Technique, Media, Partnership Program
Abstrak. Program Kemitraan adalah suatu program yang mewajibkan BUMN untuk memberikan pinjaman usaha dan pembinaan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). PT. Len Industri (Persero) merupakan salah satu BUMN yang mengelola dan mengkoordinasikan kegiatan Program Kemitraan dan yang mengelola dan mengkoordinasi kegiatan tersebut adalah Divisi Komunikasi Korporasi. Divisi Komunikasi Korporasi dituntut untuk melakukan beragam aspek persuasi, karena keberhasilan kegiatan komunikasi persuasi banyak ditentukan oleh keberhasilan dari komunikasi persuasi itu sendiri. Komunikasi persuasi yang dilakukan Divisi Komunikasi Korporasi difokuskan pada pesan persuasi, teknik komunikasi persuasi, media komunikasi, dan faktor penghambat serta upaya dalam mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Subjek penelitian sebagai informan, yang mana informan tersebut adalah orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian yaitu Bapak Yudha Ryantono selaku staf Divisi Komunikasi Korporasi bagian Program Kemitraan. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya motivasi berupa reward, potongan pembayaran, diikutsertakan pameran, media promosi gratis. Adanya status sosial yang dibentuk dari media sosial. Adanya penggunaan tata bahasa yang baik dan sopan, berpakaian yang rapi, serta berperilaku santun. Adanya komunikasi, media komunikasi, dan upaya yang dilakukan oleh Divisi Komunikasi Korporasi pada Program Kemitraan PT Len Industri (Persero) di Kota Bandung.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasi, Pesan, Teknik Komunikasi, Media, Program Kemitraan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulsyani. 2012. Sosiologi Sistematika, Teori, dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara
Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Jakarta: Karisma Publishing Group.
Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gunarsa & Gunarsa. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.
Moekijat. 2003. Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.
Newsom, Doug dan Haynes, Jim. 2012. PR Writing: Form & Style. (Online), (https://books.google.co.id., diakses 8 Juli 2017).
Ratnasari, Anne dkk. 2016. Communicology dan Kompetensi Komunikasi. Edisi Pertama.
Soemirat dan Suryana, Soleh. 2014. Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suranto AW. 2005. Komunikasi Perkantoran, cetakan pertama. Yogyakarta: Media Wacana.
Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Willis, Sofyan S. 2007. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: CV. Alfabeta.
Winardi, J. 2014. Manajemen Prilaku Organisasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Yusuf dan Nurihsan. 2007. Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9591
  Â