Pengaruh Internet Promotion Media yang Digunakan Nusatrip.Com terhadap Minat Beli Masyarakat

Trianda Firlana Lubis, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


In Indonesia, one of the the companies that doing marketing products using Internet media services such as Media as of Commerce, is www.nusatrip.com. Nusatrip.com is the Company who providing products services the hospitality and flight ticket., Implementation of promotional activities using media communication internet, also still happening several problems, such as not any or society can be access using the Internet.  The aim of research is for the review to know: the influence of reliability, design, security, customer service, and internet promotion media used Nusatrip.com against society buying interests. Survey method using Exsplanatory Survey Methods. Research result show tcount (8033 )> ttable (1,999) so Ho rejected. It mean that Internet Promotional Media used by Nusatrip.com effect against society buying interest to buy flight tickets through web Nusatrip.com. Suggestions of research, all factors affecting the Internet Promotion Media should be improved again, notably readiness to review the company to respond to customer needs; all  factors affecting the society buying interest should be improved again, especially the ease of hearts transact online in nusatrip.com.

 

Di indonesia, salah satu perusahaan yang memasarkan produk jasanya dengan menggunakan media internet sebagai media perdagangan, adalah www.nusatrip.com. Nusatrip.com merupakan perusahaan jasa yang menyediakan produk jasa perhotelan dan tiket pesawat, baik dalam maupun luar negeri. Dalam pelaksanaan kegiatan promosi yang menggunakan media komunikasi internet ini, juga masih terjadi beberapa permasalahan, yaitu: tidak setiap masyarakat dapat mengakses atau menggunakan internet, sehingga jumlah masyarakat yang memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap barang-barang yang ditawarkan adalah terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : pengaruh keandalan, desain, keamanan, layanan pelanggan, dan internet promotion media yang digunakan Nusatrip.com terhadap minat beli.Penelitian ini menggunakan Metode Survei Penjelasan (Eksplanatory Survey Method), yaitu suatu penelitian penjelasan terhadap peristiwa atau keadaan (exsplanation). Hasil uji signifikansi diperoleh nilai t hitung sebesar 8,033 dan nilai t tabel dengan α = 5 % adalah sebesar 1,999, maka dapat dilihat bahwa t hitung (8,033) > t tabel (1,999) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Internet Promotion Media yang digunakan oleh Nusatrip.com berpengaruh terhadap variabel minat beli masyarakat untuk membeli tiket pesawat melalui web Nusatrip.com. Saran-saran penelitian, semua faktor-faktor yang mempengaruhi Internet Promotion Media perlu ditingkatkan lagi, terutama kesiapan perusahaan untuk merespon kebutuhan pelanggan; semua faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli masyarakat perlu ditingkatkan lagi, terutama kemudahan dalam bertransaksi online di nusatrip.com.

 


Keywords


Internet Promotion Media, Buying Interests

References


Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta,. Prehallindo

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Melenium, Jilid 1 dan 2 , Jakarta : PT.Prenalindo.

Kotler, Philip. & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Jakarta : Penerbit Erlangga

Lamb, Charles. W., Jr., Joseph F. Hair Jr., dan Carl McDaniel, 2007, Pemasaran, Alih Bahasa oleh Octarevia, Jakarta : Salemba Empat

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6372

Flag Counter   Â