Hubungan Promosi Penjualan Bukalapak dengan Minat Beli Konsumen

Chintya Andina

Abstract


In the modern era many emerging businesses that could benefit marketplace sellers and consumers. Many businesses create a new company based online, they create a container as a meeting place for sellers and buyers without directly having to go to the store. One of the emerging marketplace today is bukalapak. Along with the competition of buying and selling online, bukalapak give a lot of promotion to its customers so that consumers convenient shopping. Bukalapak has now become one of the largest sites in Indonesia that facilitate the activities of buying and selling goods online. In this research study "Are there any sales promotion bukalapak relationship with consumers buying interest?". The purpose of this study to determine whether there is a relationship with a sales promotion bukalapak consumers to buy. This study uses correlational. The population in this study were students of Bandung Islamic University, 2013. The sample in this study amounted to 92 people. While research data retrieval technique is done through a questionnaire (questionnaire), interview, and literature study. The results of the discussion in this study is that there is a positive relationship with the sales promotion bukalapak consumer purchase interest in Bandung Islamic University students in 2013.

 

Dalam era modern sekarang ini banyak bermunculan bisnis-bisnis marketplace yang bisa menguntungkan penjual dan konsumennya. Banyak pelaku bisnis membuat sebuah perusahaan baru berbasis online, mereka membuat sebuah wadah sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli tanpa langsung harus pergi ke tokonya. Salah satu marketplace yang sedang berkembang saat ini yaitu Bukalapak. Seiring dengan persaingan jual beli online, Bukalapak memberikan banyak promosi kepada para konsumennya agar konsumen nyaman berbelanja. Bukalapak saat ini telah menjadi salah satu situs terbesar di Indonesia yang mewadahi kegiatan transaksi jual beli barang secara online. Pada penelitian ini diteliti “Apakah terdapat hubungan promosi penjualan Bukalapak dengan minat beli konsumen ?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan promosi penjualan Bukalapak dengan minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Bandung 2013. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 orang. Sedangkan teknik pengambilan data penelitian dilakukan melalui kuesioner (penyebaran angket), wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil dari pembahasan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif promosi penjualan Bukalapak dengan minat beli konsumen pada mahasiswa Universitas Islam Bandung 2013.


Keywords


Communications marketing, promotion mix, sales promotion, bukalapak, Consumer Buying interest

References


Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers

Cateora, Philip R dan John L. Graham. 2007. Pemasaran Internasional Edisi 13 Buku 2. Jakarta : Salemba Empat

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public relations, Advertising, Komunikasi organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern Acuan Mahasiswa & Profesional. Yogyakarta : Cakra Ilmu

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Bandung : PT Refika Aditama

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rangkuti, Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program & Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Shimp, Terence A. 2004. Periklanan & Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasran Terpadu Edisi Ke – 5 Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan & Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasran Terpadu Edisi Ke – 5 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI)

Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian Edisi 2. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Susanto, Happy. 2008. Hak – Hak Konsumen Jika Dirugikan. Jakarta : Transmedia Pustaka

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Trenholm, Sarah & Arthur Jensen. 2004. Interpersonal Communication. California : Wadsworth

Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : PT. Prenadamedia Group

Sumber lain :

Dani Irawan, Putri. ______________. “Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Minat Beli Pada Konsumen Matahari Department Store. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Anwar, Qoirul dan Saino. _____________. Pengaruh Program Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Harian Kompas di Surabaya Selatan. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.in donesia.capai.132.juta. (diakses pada tanggal 21 Desember 2016 pada jam 11 : 11)

https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor- enam- dunia/0/sorotan_media (diakses pada tanggal 21 Desember 2016 pada jam 11 : 21)

www.alexa.com (diakses pada tanggal 1 Agustus 2016 pada jam 19 : 00)

http://startupbisnis.com/bagaimana-bukalapak-com-didirikan/ (diakses tanggal 15 Juli 2018 jam 20:20)

https://www.bukalapak.com/about (diunduh pada tanggal 6 November 2016, 20 : 54)

https://m.tempo.co/read/news/2015/06/02/072671421/begini-kisah-zaky- membangun- bukalapak-com (diunduh pada tanggal 6 November 2016, 20 : 54)

http://www.tribunnews.com/bisnis/2016/08/17/satu-juta-pelaku-ukm-telah- bergabung- dalam-bukalapak (diunduh pada tanggal 15 November 2016, 20 : 34)

http://bisnis.liputan6.com/read/2247614/bos-bukalapak-masuk-daftar-pengusahaberpengaruh- di-asia-tenggara (diunduh pada tanggal 6 November 2016, 20 : 54)

https://www.unisba.ac.id/index.php/en/unisba/sejarah (diunduh pada tanggal 6 November 2016, 22 : 00)




Flag Counter