Strategi Bauran Promosi Apartemen Easton Park Residence Jatinangor

Gilang Pratama Martha, Nurhastuti .

Abstract


The apartment is predicted to be a residential concept in the future. The apartments are rated as occupancy practical to support the mobility of its inhabitants, as usual located in the city center which support economic activities, education and other activity. moreover, the apartments also can save the land for building the vertical concept. Growth apartments are currently growing rapidly, not only in big cities, but also in other strategic areas. One of them in the region Jatinangor. Area known as a center of education in West Java. Easton Park Residence is a new apartment located in the middle of education region on Jatinangor. This study aims to determine Mix Strategy Promotion conducted by the Easton Park Apartment Residence Jatinangor Related Activity Advertising (advertising), face to face sales (Personal selling), and sales promotion (sales promotion). This study used a qualitative method with case study approach. There is also technique of collecting data is through interviews with Supervisor Tim Markeitng Communication and Marketing Communications staff executive Tim Easton Park Apartment Residence Jatinangor. Observation is done by directly observing the object of research and literature study done by utilizing a number of books or other reading materials related to the research. Result of reseacrch shows that a third promotion in a mix or combination of interrelated and support each other.Advertising activities (advertising) as an first step in providing basic product information through radio advertisements, website, social media, and outdoor advertising. Sales Personal (Personal Selling) as a follow-up to other promotional methods through a more individualized way. The form through events to attract potential customers. Meanwhile sales promotion activities (Sales Promotion) is a support tool Advertising and sales promotion methods Personal in increasing sales, through the form of low prices in early deals. Sales promotion activities were then communicated through advertising and personal selling activities are carried out, so that all three methods of promotion is regarded as a promotion mix strategy.

 

Apartemen diprediksi menjadi konsep hunian di masa depan. Apartemen dinilai sebagai hunian yang praktis untuk mendukung mobilitas penghuninya, karena biasa terletak di pusat kota yang mendukung aktifitas perekonomian, pendidikan dan sebagainya. Selain itu, apartemen juga dapat menghemat lahan karena konsep bangunannya yang vertikal. Pertumbuhan apartemen saat ini semakin pesat, tidak hanya di kota-kota besar, tetapi juga di wilayah-wilayah strategis lainnya. Salah satunya di wilayah Jatinangor. Wilayah yang terkenal sebagai pusat pendidikan di Jawa Barat. Easton Park Residence merupakan apartemen baru yang berada di tengah-tengah kawasan pendidikan Jatinangor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Bauran Promosi yang dilakukan oleh pihak Apartemen Easton Park Residence Jatinangor Terkait Kegiatan Periklanan (advertising), Penjualan tatap muka (Personal selling), dan Promosi penjualan (sales promotion). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara dengan Supervisor Tim Markeitng Communication dan staff pelaksana Tim Marketing Communication Apartemen Easton Park Residence Jatinangor. Teknik observasi dilakukan dengan mengamati secara langsung objek penelitian dan studi kepustakaan dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah buku atau bahan bacaan lain yang terkait dengan penelitian. Hasil Penelitian menunjukan bahwa ketiga aktivitas promosi yang dilakukan merupakan sebuah bauran atau kombinasi yang saling terkait dan mendukung satu sama lain. Kegiatan periklanan (advertising) sebagai tahap awal dalam memberikan informasi dasar produk melalui iklan Radio, Website, social media, dan iklan luar ruangan. Penjualan Pribadi (Personal Selling) sebagai tindak lanjut dari metode-metode promosi lainnya melalui cara yang lebih personal. Bentuknya melalui event-event untuk menjaring konsumen potensial. Sementara itu kegiatan Promosi Penjualan (Sales Promotion) merupakan alat pendukung metode promosi Periklanan dan Penjualan Pribadi dalam meningkatkan penjualan, melalui bentuk penawaran harga murah diawal. Aktivitas promosi penjualan ini kemudian dikomunikasikan melalui aktivitas periklanan dan personal selling yang dilakukan, sehingga ketiga metode promosi ini dianggap sebagai sebuah strategi bauran promosi.


Keywords


Advertising, Promotional mix, Easton Park residence Jatinangor

References


Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:

Alvabeta.

Marlina, Endy. 2008. Panduan Perancangan Bangunan Komersial. Yogyakarta: Andy

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Jilid 1. Jakarta: PT. Erlangga

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6038

Flag Counter   Â