STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK CIMAHI

Amanda Puspitasari

Abstract


Abstrak. Strategi komunikasi pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam usaha menarik pembeli atau konsumen. Komunikasi pemasaran harus dilakukan secara terus menerus dan berkembang untuk proses kelangsungan suatu usaha. Dekranasda pasti memiliki strategi komunikasi pemasaran agar sosialisasi dan pemasaran batik cimahi memenuhi target yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. subjek penelitian adalah Dekranasda Kota Cimahi dengan empat orang informan. Berdasarkan hasil penelitian, Dekranasda Kota Cimahi menggerakan pengrajin dengan cara membentuk gallery dan pusat pelatihan batik Cimahi, mengikutsertakan pengrajin dalam kegiatan pameran, mengirim pengrajin untuk mengikuti pemagangan serta mengadakan pertemuan rutin. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Dekranasda Kota Cimahi meliputi Periklanan, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat. Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari Pemerintah Kota Cimahi, dukungan dari pengrajin dan dukungan dari masyarakat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu biaya produksi yang cukup besar, kurangnya tenaga kerja serta minimnya inisiatif pengrajin untuk membangun gallery ataupun pusat pelatihan batik.

 

Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Batik Cimahi


Keywords


Strategi, Komunikasi Pemasaran, Batik Cimahi

References


Kotler, Philip & Gary Armstrong, 1997. Manajemen Pemasaran. Analisis dan Perencanaan. Analisis dan Kontrol Jilid 2 . Jakarta : PT. Indeks.

___________________________. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Prisgunanto, Ilham.2006. Komunikasi Pemasaran: strategi dan taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, Jalaludin. 1998. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran, edisi keempat. Bandung : Linda Karya.

Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.582

Flag Counter   Â