Peran Loop Station dalam Mempromosikan Telkomsel

Pasa Wardani, Udung Noor Rosyad

Abstract


By developing of telecommunication tools, the providers also influence the usage of variation communication tools. The providers which as a telecommunication services have their offers towards to trade purposes that will be drawn as the consumer services. In the competition to attract as many customers, each company has determined the different of special marketing strategies.  One of them is to build Loop Station as a medium of service and marketing. The purpose of this research (1) is to know the promotion form of Loop Station for marketing of Telkomsel products. (2) Based on this, the writer also searches how that strategies in attracting the youth as a Telkomsel’s trade purpose. (3) Kknows the reasons of Loop Station as a public area without considering the Telkomsel customers or not. The research method uses a qualitative method with approaching the case study. Data are earned by interviewing with Supervisor, Team Leader of Loop Station, and the visitor who use Telkomsel.Based on this results of research (1) It can be concluded that promoting actions that held by Loop Station are advertising, sales promotion, and personal selling. (2) The strategies that to attract the youth by Loop Station are choosing a suitable theme and presenting a right fasilities for it. Then, it will create an event that entertaining the youth’s interest. (3) Opening Loop Station as a public area can widely reach the trade purposes out.

 

Dengan berkembangnya alat telekomunikasi, perkembangan provider juga turut mempengaruhi penggunaan dari berbagai alat komunikasi tersebut. Provider sebagai penyedia jasa telekomunikasi memiliki penawaranya sendiri terhadap target pasar yang kelak akan ditarik sebagai konsumen pengguna jasanya. Dalam persainganya tersebut untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya, maka tiap perusahaan sudah menentukan bagaimana strategi pemasaran yang unik dan berbeda. Salah satu strategi yang dilakukan Telkomsel adalah dengan mendirikan Loop Station sebagai sarana dimana tempat layanan, promosi serta pemasaran.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk promosi yang dilakukan oleh Loop Station dalam pemasaran produk Telkomsel. (2) Bedasarkan hal tersebut maka penulis juga turut mencari tau bagaimana strategi Loop Station dalam menggaet anak muda sebagai target pasar Telkomsel. (3) Mengetahui alasan Loop Station dibuka untuk umum tanpa memerhatikan pengguna Telkomsel atau bukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara langsung dengan Supervisor dan Team Leader dari Loop Station serta salah satu pelanggan yang merupakan pengguna Telkomsel serta pengunjung Loop Station. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kegiatan promosi yang dilakukan oleh Loop Station diantaranya adalah advertising, sales promotion dan personal selling. (2) Strategi menggaet anak muda yang dilakukan Loop Station adalah dengan memilih Tema yang sesuai untuk tempat serta menghadirkan fasilitas yang tepat untuk tema tersebut, kemudian mengadakan kegiatan atau acara yang dapat menarik animo anak muda. (3) Dengan dibuka untuk umum Loop Station dapat lebih luas untuk menjangkau target pasar mereka.


Keywords


Loop Station, Telkomsel, Promotion

References


Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saladin, Djaslim. 2011. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung : CV Agung Ilmu.

Saladin, Djaslim. 2012, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pelaksanaan, Umsur-unsur Pemasaran. Bandung: CV Linda Karya.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Rosyad, U. N. 2011. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Perluasan Pangsa Pasar.dalam Mimbar, vol XXVII, No. 2, Desember 2011 (hal 213:224)




Flag Counter