Kontribusi Webmail dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan

Azmi Pamungkas, Zulfebriges .

Abstract


Webmail PT PLN (Persero) is an intranet facility that can be accessed at https://webmail2.pln.co.id/ or https://webmail.pln.co.id/  and managed by PT PLN (Persero) as an internal electronic communications. The webmail network available to support employee performances. So this study aims to determine the webmail contribution to improving employee performances that learned through data security, time (speed and accuracy), accuracy, data variations (output), and relevances. This research using descriptive method. The population are employees of PT PLN (Persero) Area Cimahi in 2016 which amounted to 73 employees. The sampling technique using total sampling so that the sample also 73 employees. Data was collected through questionnaires, interviews, and literature study. Data analysis technique through preparation, tabulation, and data application. The results showed that contributions of data security to improving employee performances have a tendency in the medium category. Contributions of time (speed and accuracy) to improving employee performances have a tendency in the medium category. Contributions of accuracy to improving employee performances have a tendency in the medium category. Contributions of data variation (output) to improving employee performances have a tendency in the medium category. Contributions of relevance to improving employee performances have a tendency in the medium category. The conclusion showed the webmail contribution to improving employee performances have a tendency in the medium category.

 

Webmail PT PLN (Persero) merupakan fasilitas intranet berupa user account email Perseroan yang dapat diakses melalui alamat https://webmail2.pln.co.id/ or https://webmail.pln.co.id/ dan dikelola oleh Perseroan sebagai sarana komunikasi elektronik internal. Sistem intranet PT PLN (Persero) yang memiliki fitur webmail tersebut menunjukan bahwa jaringan internet dibutuhkan guna menunjang kinerja karyawan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi webmail dalam meningkatkan kinerja karyawan PT PLN (Persero) yang dipelajari melalui keamanan data, waktu (kecepatan dan ketepatan), ketelitian, variasi laporan (output), dan relevansinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasinya yakni jajaran karyawan PT PLN (Persero) Area Cimahi tahun 2016 yang berjumlah 73 karyawan. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh atau total sampling sehingga sampel juga berjumlah 73 karyawan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan melalui persiapan, tabulasi, dan penerapan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kontribusi keamanan data webmail dalam meningkatkan kinerja karyawan PT PLN (Persero) memiliki kecenderungan pada kategori sedang. Kontribusi waktu (kecepatan dan ketepatan) webmail dalam meningkatkan kinerja karyawan PT PLN (Persero) memiliki kecenderungan pada kategori sedang. Kontribusi ketelitian webmail dalam meningkatkan kinerja karyawan PT PLN (Persero) memiliki kecenderungan pada kategori sedang. Kontribusi variasi laporan (output) dalam meningkatkan kinerja karyawan PT PLN (Persero) memiliki kecenderungan pada kategori sedang. Kontribusi relevansi webmail dalam meningkatkan kinerja karyawan PT PLN (Persero) memiliki kecenderungan pada kategori sedang. Kesimpulannya bahwa kontribusi webmail dalam meningkatkan kinerja karyawan PT PLN (Persero) memiliki kecenderungan pada kategori sedang.


Keywords


Intranet, Internet, information systems, organization information theory, employee performance

References


Morissan. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bodnar, George H & William S. Hoopwood, 2006. Sistem Informasi Akuntansi (Terj. Amir Abadi Jusuf dan R.M Tambunan). Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian (cetakan kesembilan). Bogor: Ghalia Indonesia.

Yusup, Pawit M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Turban, Efrain; David King; Jae K. Lee; Ting-Peng Liang & Deborrah C. Turban. 2010. Electronic Commerce: A Managerial Perspective (Global Edition, Vol. 6). New Jersey: Pearson.




Flag Counter