Proses Produksi Program Kandaga di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Jawa Barat

Yoga Hariyanto, Dede Lilis Ch

Abstract


In this globalization era, technology has become increasingly sophisticated. One consequence is that the influx of foreign culture to Indonesia country freely, so that a genuine culture of Indonesia began to mix with foreign cultures. Many means of support in preserving the culture of Indonesia, for example through the mass media, because of the role and function of the media is very important to the society. Therefore, TVRI West Java as Public Broadcasting feel the need to serve and make entertainment programs laden regional culture of West Java, named Kandaga program. This study aims to explore more about the production process Kandaga Program on Public Broadcasting TVRI West Java. Kandaga derived from the Sundanese means a container or place a program of entertainment element to the charge of the local culture of West Java. This program aims to be the people who watch can know and realize that the arts and local culture of West Java is very diverse. The method used is descriptive method with qualitative data research that is describing a phenomenon based on a referral theory, but in narrative form without changing the results in the form of symbols or numbers. The data collection technique is by interview, observation and documentation. The informants as many as six people, namely people who play an important role in the production process, include: producers, directors, stylists decor, lighting designer, and cameraman. The study concluded that the production process Kandaga program conducted through three stages: pre-production, production and post-production. Pre-production includes: finding ideas cultural aspect that will be broadcast, to choose the time and location shooting, as well as prepare the equipment and the artist. The production process to make the process of shooting. Post-production is to edit and package the program into a television show interesting impressions.

 

Di era globalisasi saat ini teknologi menjadi semakin canggih. Salah satu dampaknya ialah masuknya budaya luar ke negara Indonesia dengan bebas, sehingga kebudayaan asli Indonesia mulai bercampur dengan kebudayaan asing. Banyak sarana untuk mendukung dalam  melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia, misalnya melalui media massa, karena peran dan fungsi media massa yang sangat penting bagi masyarakat. Oleh karena itu, TVRI Jawa Barat sebagai Lembaga Penyiaran Publik merasa perlu untuk menayangkan dan membuat program hiburan bermuatan kebudayaan daerah Jawa Barat yang diberi nama program Kandaga. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih lanjut tentang proses produksi Program Kandaga di Lembaga Penyiaran Publik TVRI Jawa Barat. Kandagayang berasal dari Bahasa Sunda yang artinya wadah atau tempat merupakan program berunsur hiburan dengan muatan kebudayaan lokal Jawa Barat. Program acara ini bertujuanagar masyarakat yang menonton bisa mengetahui dan menyadaribahwa kesenian dan budaya lokal Jawa Barat sangat beragam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data kualitatif yaitu penelitian yang bersifat mendeskripsikan suatu fenomena berlandaskan pada rujukan teori, namun dalam bentuk uraian tanpa mengubah hasilnya ke dalam bentuk simbol atau bilangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan penelitian sebanyak enam orang, yakni orang-orang yang berperan penting dalam proses produksi, meliputi: produser, pengarah acara, penata dekorasi, penata cahaya, dan kameraman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses produksi program kandagadilakukan melalui tiga tahap: pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pra produksi meliputi: menemukan ide aspek kebudayaan yang akan disiarkan, merencanakan waktu dan lokasi shooting, serta menyiapkan peralatan dan artis. Proses produksi dengan melakukan proses shooting. Pasca produksi ialah mengedit dan mengemas program menjadi tayangan acaratelevisi yang menarik.


Keywords


: production process, the public broadcaster, TVRI West Java

References


Ardianto, Elvinaro, 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media..

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Situmorang, Robinson.2006. Media Televisi.Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Departemen Pendidikan.

Wibowo, Fred. 1997.Dasar-Dasar Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Gramedia.

Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.




Flag Counter