Pengemasan Program Acara Hariring Dangding di Radio Cakra 90.5 FM Bandung

Raka Prasetyo, M Rochim

Abstract


For every radio program productions, production team is always to give uniqueness within every its production stages. Based on above problem, this research has taken title “Hariring Dangding Event Program Packaging at 90.5 FM Cakra Radio of Bandungâ€.  Hariring Dangding program that is event program with Sunda hits and bobodoran songs broadcast content. This research is aimed to knoe production process production of Hariring Dangding at Cakra radio. This research is used descriptive method to describe fact founding systematically and certain object characteristic factually. This research result is that in Hariring Dangding broadcast program preproduction there is planning stage which inside is obtained audience targeting, broadcast timing, broadcaster choosing, script writer choosing, to regulate production cost and then carried out promotion. Collecting stage, furthermore, to determine music and broadcast materials. And writing is seen from script writing style. For production stage there is mixing stage, obstacle and its overcome method, to read fairy tale and broadcaster numbers. Finally, it is post production there is carried out evaluation by Hariring Dangding program production team, including broadcast material quality and broadcast technical quality.

 

Dalam setiap produksi program di radio, tim produksi senantiasa ingin memberikan keunikan dalam setiap tahap produksinya. Keunikan tersebut diantaranya yaitu karakteristik penyiar dan materi siarannya yang berbeda dari yang lain. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini mengambil judul “Pengemasan Program Acara Hariring Dangding di Radio Cakra 90.5 FM Bandungâ€. Program Hariring Dangding yaitu program acara dengan konten siaran lagu-lagu Sunda hits dan bobodoran Sunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses produksi program acara Hariring Dangding di Radio Cakra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah bahwa dalam pra produksi program siaran Hariring Dangding ada tahap planning yang di dalamnya terdapat penentuan target pendengar, penentuan waktu siaran, pemilihan penyiar, pemilihan penulis naskah, mengatur biaya produksi kemudian promosi yang dilakukan. Selanjutnya tahap collecting menentukan materi siaran dan materi musik. Dan writing dilihat dari cara penulisan naskah. Untuk tahap produksi ada tahap mixing, kendala dan cara mengatasinya, membacakan dongeng kemudian jumlah penyair. Yang terakhir adalah pasca produksi ada evaluasi yang dilakukan oleh tim produksi program Hariring Dangding, meliputi evaluasi kualitas materi siaran dan kualitas teknis siaran.


Keywords


Radio, Production Process, Sunda. Local Content

References


DL Chaerowati, N Yuliati, M Rochim. 2013. “Mengusung Masyarakat Madani Melalui Radio Komunitasâ€. Jurnal MIMBAR, Vol. 29, No. 2 (Desember, 2013): 145- 154

Effendy, Onong Uchjana. 1999. Ilmu Komunikasi dan Praktek, Cet ke-12. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masduki. 2001. Jurnalisme Radio: Menata Profesionalisme Reporter dan Penyiar, Yogyakarta: LKiS.

Prayudha, Harley. 2004. Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana dan Praktik Penyiaran. Malang: Bayumedia.

Romli, Asep Syamsul M. 2004. Broadcast Jurnalism, Bandung: Nusa Cendekia.

Wahyudi, J. B. 1994. Dasar-dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5351

Flag Counter   Â