Peran Label Indie dalam Promosi Melalui Media Sosial

Maharani Fitri Lestari Nurnia, Rini Rinawati

Abstract


Abstract. In today's digital era, social media is a new way to carry out promotional activities for promoting products. Product promotion becomes easier using social media such as Facebook, Twittter, instagram, youtube, website, whatsapp, line@ and blackberry messenger. Fast Forward Records is one of the renowned independent record label company in Bandung, Indonesia that use social media for promotional activities. The aim of this study was to determine ways of promotion have done by Fast Forward Records in promoting release of Mocca albums through social media. We analyze several things: the effect of the campaign for the markets, social media preferences background, as well as the role of the fans in promoting albums Mocca through social media. The method used in this study is a qualitative research method with case study. Data obtained through direct interviews with the staff of the division Marketing and Promotion of Fast Forward Records, one of the personnel of the band Mocca, and two fans of the band Mocca who join the Mocca fansclub, Swinging Friends. In addition, data retrieval was conducted through library research, observation, and internet searching. The results showed that promotional activities by Fast Forward Records through social media was done by advertising, public relations and publicity, direct marketing, and personal selling approach by Fast Forward Records through social media. The effects of promotion by Fast Forward Records is to inform, persuade, and remind consumers to their products. The reason of using social media as main media promotion by Fast Forward Records is the economic factor and interaction factor. Also, the role of the Mocca’s fans helped publicity to the audience.

 

Abstrak. Di era digital saat ini, media sosial merupakan sarana baru untuk melakukan kegiatan promosi bagi perusahaan tertentu. Kegiatan untuk mempromosikan produk menjadi lebih mudah, diantaranya menggunakan media sosial seperti facebook, twittter, instagram, youtube, website, whatsapp, line@ dan blackberry messenger. Fast Forward Records adalah salah satu perusahaan label rekaman independen ternama di Indonesia yang berlokasi di kota Bandung yang menggunakan media sosial untuk kegiatan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records dalam mempromosikan rilisan album-album Mocca melalui media sosial. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur yaitu, efek dari promosi yang dilakukan terhadap konsumen, latar belakang pemilihan media sosial dalam berpromosi, serta peran para penggemar dalam mempromosikan album-album Mocca melalui media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara secara langsung dengan staff divisi Marketing dan Promosi dari Fast Forward Records, salah satu personil dari band Mocca, dan dua orang penggemar dari band Mocca yang tergabung dalam fansclub Swinging Friends. Selain itu data diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi, dan internet searching. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records melalui media sosial diantaranya adalah advertising, public relations and publicity, direct marketing serta personal selling dari Fast Forward Records melalui media sosial. Efek promosi yang dilakukan oleh Fast Forward Records sesuai dengan tujuan dari promosi yaitu menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen pada produknya. Latar belakang pemilihan media sosial sebagai sarana untuk berpromosi oleh Fast Forward Records adalah faktor ekonomis, faktor tempat serta faktor interaksi. Serta peran para penggemar band Mocca dalam melakukan kegiatan publisitas guna menyebarluaskan album-album dari band Mocca kepada khalayak.


Keywords


Fast Forward Records, Promotional Mix, Social Media Promotion

References


Aaker, A. David. 2002. Ekuitas Merek (Edisi Indonesia). Jakarta: Mitra Utama.

Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Metode Penelitian. Jogyakarta: Pustaka Belajar.

Cangara, H. Hafied. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Sugianto dkk. 2010. Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif (Strategi, Program dan Teknik Pengukuran). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dan C. Liana. 2001. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume IV Nomor




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4932

Flag Counter   Â