Analisis Makna Logo PT.Telkom

Ratih Purnama Sari

Abstract


Logo merupakan bagian dari identitas perusahaan yang dirancang terutama sebagai simbol pembeda untuk dikenali di antara perusahaan-perusahaan lainnya, sebagai bentuk komunikasi yang mencerminkan nilai-nilai ideal suatu perusahaan yang sengaja dibentuk, dan memainkan peran yang sangat penting dalam benak konsumen, khususnya peran dalam menciptakan persepsi yang kuat tentang merek atau perusahaan, serta mempunyai arti penting karena dapat mengingatkan khalayak akan perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui makna logo PT.Telkom yang baru di liris. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. penelitian kualitatif berangkat dari ilmu – ilmu perilaku dan ilmu sosial. Peneliyian mengenai logo tersebut diteliti dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Dimana dengan metode ini memberikan ruang bagi penulis untuk mengekspolasi makan yang terkandung dibalik logo terbaru perusahaan PT.Telkom ini dengan ikon,indeks, dan simbol yang ada pada logo. Kesimpulann penelitian ini memberikan gambaran bahwa PT.Telkom berusaha menampilkan logo terbaru untuk mewakili peubahan kinerja dan semangat perusahaan dan mengaplikasikan perubahan identitas dengan menggunakan ikon, indeks, simbol yang sesuai dan mewakili purasahaan untuik ditampilkan kepada masyarakat. Karena dengan memiliki logo akan membantu membuat remainder di benak pelanggan.Kata kunci: logo, ikon, indeks, simbol



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.49

Flag Counter   Â