Komunikasi Pemasaran Snowbay Waterpark

Reika Salsabilla, Ike Junita Triwadhani

Abstract


Abstract. Marketing Communication is an important aspect in the effort for attract buyers or consumers. Marketing communication should be carried out continuously for survival of business, product or service. Snowbay Waterpark certainly have marketing communications activities undertaken so that potential customers coming and targets expected. The purpose of this research was to determine how Snowbay Waterpark activities in advertising, personal selling, sales promotion, publicity, and direct marketing to attract visitors and promote the place so that customers come to visit. This research method using descriptive quantitative methods with qualitative data. Marketing communication activities conducted Snowbay Waterpark include advertising, media used is electronic such as websites, brochures. personal selling of Snowbay Waterpark is actively participating in the socialization such as holding exhibitions. Sales promotion of Snowbay Waterpark includes merchant promotion and car free day. Then in publicity activities include music concert event and for direct marketing is giving service such as contact information through the service on its website. The conclusions based on research, marketing communications activities Snowbay Waterpark is quite effective because Snowbay Waterpark use elements and strategies in marketing communications that almost all of the parts of the marketing communications strategy.

 

Abstrak. Komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam suatu usaha menarik pembeli atau konsumen. Komunikasi pemasaran harus dilakukan secara terus menerus dan berkembang untuk proses kelangsungan suatu usaha, produk maupun jasa. Begitupun dengan komunikasi pemasaran yang dilakukan Snowbay Waterpark. Dalam hal ini Snowbay Waterpark pasti memiliki kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan agar calon konsumen berdatangan dan memenuhi target yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan Snowbay Waterpark dalam periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan langsung dalam menarik minat pengunjung dan mempromosikan tempatnya agar para calon konsumen datang berkunjung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan data kualitatif. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Snowbay Waterpark meliputi Periklanan yaitu media yang digunakan antara lain iklan atau media elektronik, website, brosur, dll. Penjualan perseorangan Snowbay Waterpark yaitu aktif mengikuti sosialisasi seperti mengadakan pameran-pameran. Promosi penjualan Snowbay Waterpark yang meliputi promo merchant dan car free day dll. Snowbay Waterpark dalam hal publicity meliputi kegiatan konser musik dengan bintang tamu untuk para pengunjung. Dan Pemasaran langsung yang digunakan Snowbay Waterpark yaitu layanan informasi dan kontak melalui layanan di wesitenya, dll. Kesimpulan berdasarkan penelitian, kegiatan komunikasi pemasaran Snowbay Waterpark cukup efektif karena Snowbay Waterpark menggunakan elemen-elemen dan strategi-strategi dalam komunikasi pemasaran yang hampir semua dari bagian strategi komunikasi pemasaran.


Keywords


Marketing communication, Snowbay Watrpark.

References


Kotler, Philip & Gary Armstrong, 1997. Manajemen Pemasaran. Analisis dan Perencanaan. Analisis dan Kontrol Jilid 2 . Jakarta : PT. Indeks.

Prisgunanto, Ilham.2006. Komunikasi Pemasaran: strategi dan taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.kmk

Sudjarwo, 2001. Teknik Wawancara dan Proses Data untuk Tujuan Penelitian. Jakarta : Gramedia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV.Alfabeta.

Sutisna, 2002. Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4836

Flag Counter   Â