Hubungan Penyajian Pesan pada Situs Traveloka dengan Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Tiket Pesawat dan Hotel Studi Korelasional pada Member Traveloka di Kota Bandung

Ryan Rosmawan, Anne Ratnasari

Abstract


Abstract. Traveloka is an online booking company through the website at www.traveloka.com or mobile application for air tickets and hotels in Indonesia and abroad. Various convenience provided to the consumer for choosing airlines and hotels is the strategies of Traveloka’s message who had the opportunity to build consumer purchasing decisions. Thus, the purpose of this study is to measure how much the relationship between  strategy of Traveloka’s message on Traveloka’s site with the consumer's decision process to buy air tickets and hotels,how much the relationship betweencreative strategy at Traveloka’s sitewith the consumer's decision process to buy air tickets and hotels, how much the relationship betweens ource of the message at Traveloka’s site with the consumer's decision process to buy air tickets and hotels. The theory on this study is cognitive respons theory. The results showed that the correlation is high (strong) between the presentation of the message Traveloka’s sitewith decision making process of consumers buying air tickets and hotels. Relationships are high (strong) shows that the better strategy of Traveloka’s message, the higher decision-making process of consumers buying air tickets and hotel at Traveloka. The better creative strategy atTraveloka’s site, the higher decision-making process of consumers buying air tickets and hotel at Traveloka. The better source of the message at Traveloka’s site, the higher decision-making process of consumers buying air tickets and hotel at Traveloka.

 

Abstrak. Traveloka adalah perusahaan yang bergerak dalam penyediaan  jasa booking (pemesanan) online melalui website www.traveloka.com atau aplikasi mobile untuk tiket pesawat dan hotel di berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Berbagai kemudahan yang diberikan bagi konsumen dalam memilih maskapai penerbangan dan hotel merupakan salah satu strategi penyajian pesan Traveloka yang  berkesempatan dalam membangun keputusan pembelian konsumen. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar hubungan antara strategi pesan  pada situs traveloka dengan proses keputusan konsumen membeli tiket pesawat dan hotel, seberapa besar hubungan strategi kreatif traveloka dengan proses keputusan konsumen membeli tiket pesawat dan hotel, seberapa besar sumber pesan traveloka dengan proses keputusan konsumen membeli tiket pesawat dan hotel.Teori dalam penelitian ini menggunakan teori respon kognitif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan yang tinggi (kuat) antara penyajian pesan pada situs Traveloka dengan proses pengambilan keputusan konsumen membeli tiket pesawat dan hotel. Hubungan yang tinggi (kuat) tersebut menunjukan bahwa semakin baik strategi pesan pada situs Traveloka maka semakin tinggi proses pengambilan keputusan konsumen membeli tiket pesawat dan hotel di Traveloka. Semakin baik strategi kreatif pesan pada situs Traveloka maka semakin tinggi proses pengambilan keputusan konsumen membeli tiket pesawat dan hotel di Traveloka. Semakin baik sumber pesan pada situs Traveloka maka semakin tinggi proses pengambilan keputusan konsumen membeli tiket pesawat dan hotel di Traveloka.


Keywords


Presentation of the message, consumer buying decision process, Traveloka sites, cognitive response theory, new media.

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Cetakan Keenam). Bandung: Alfabeta.

Belch, George E. dan Michael A Belch. 2003. Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (6thEdition). McGraw Hill: Irwin.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi: teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat (cetakan ketiga). Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Danziger, Pamela. 2004. Why People Buy Things They Don't Need: Understanding and Predicting Consumer Behavior. Canada: Dearborn Trade Publishing

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek (cetakan keduapuluh dua). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran: Jilid 2 (Edisi 13, terj. Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian (cetakan kesembilan). Bogor: Ghalia Indonesia

Rakhmat, Jalaludin. 2012.Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik (cetakan kelimabelas).Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumber Online:

www.traveloka.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4435

Flag Counter   Â